YLBHI Kritik Rektorat UI: Indikasi Kampus jadi Aktor Pemberangusan Kebebasan Berpendapat



GELORA.CO - Yayasan Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengkritik Rektorat Universitas Indonesia (UI) yang memanggil BEM UI terkait kritikan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan poster 'The King of Lip Service'.

YLBHI dkk mendesak pihak UI agar menjamin kebebasan berpendapat mahasiswanya.

"Adanya surat pemanggilan oleh birokrat UI mengindikasikan bahwa aktor pemberangusan kebebasan berpendapat tidak hanya datang dari negara, tapi juga datang dari kampus," demikian bunyi keterangan solidaritas untuk BEM UI yang diberikan oleh Ketua Bidang Advokasi YLBHI, Muhamad Isnur, Senin (28/6/2021).

Pemanggilan terhadap BEM UI itu menunjukkan kebebasan sipil menjadi lebih sempit. Dia juga menyoroti pihak yang menyerang Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra.

"Sehingga sudah semakin nyata bahwa kebebasan sipil semakin kerdil dan menyerang suara-suara yang menyatakan kebenaran kepada publik. Adapun juga saat ini konten yang diunggah dalam Instagram BEM UI diserang oleh buzzer melalui kolom komentar dan juga menyerang Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra. Dengan adanya surat pemanggilan oleh birokrat UI mengindikasikan bahwa hari ini kebebasan sipil semakin dikerdilkan oleh negara dengan sistematis," katanya.

Lebih lanjut, YLBHI dkk juga mengecam segala bentuk pembungkaman terhadap kebebasan sipil. Mereka juga meminta agar pemerintah menjamin kebebasan berpendapat.

"Mengecam segala bentuk pembungkaman terhadap kebebasan sipil yang telah diatur oleh konstitusi. Mendesak pemerintah untuk menjamin kebebasan berpendapat yang dilakukan oleh warga negara seperti yang telah diatur dalam peraturan yang telah berlaku," tuturnya.

Selain itu, YLBHI dkk juga meminta UI untuk menjamin kebebasan berpendapat bagi mahasiswa. Masyarakat juga diminta untuk mengawal kasus yang dialami BEM UI ini.

"Mendesak Birokrat Universitas Indonesia untuk menjamin kebebasan berpendapat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia yang telah dijamin oleh konstitusi. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut bersolidaritas dalam mengawal kasus kebebasan berpendapat BEM UI," kata dia. []
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "YLBHI Kritik Rektorat UI: Indikasi Kampus jadi Aktor Pemberangusan Kebebasan Berpendapat"

Posting Komentar