Relawan Jokowi Tak Kenal JokPro 2024: Wacana Presiden 3 Periode Bahaya!



GELORA.CO - Relawan Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tidak mengenal dengan relawan Jokowi-Prabowo Subianto atau JokPro 2024. Wacana yang didorong JokPro 2024 pun dinilai berbahaya dan ahistoris.

Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer atau Noel menyebut relawan JokPro 2024 bukan bagian dari relawan Jokowi. Noel mengatakan Joman menolak wacana jabatan 3 periode.

"Enggak, pertama bukan bagian dari kita. Kedua, ini kan relawan baru yang berkaitan dengan isu 3 periode, itu pertama. Kedua, soal 3 periode, presiden menolak. Kita juga menolak, apa lagi saya yang punya latar belakang aktivis '98 menolak gagasan 3 periode," kata Noel kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Noel mengungkapkan bahayanya wacana jabatan presiden 3 periode. Jika wacana ini diterapkan, maka kemungkinan besar akan timbul wacana masa jabatan presiden yang lebih lama lagi.

"Karena kita melihatnya wacana 3 periode ini bisa menyesatkan Jokowi itu sendiri, ditambah lagi kita melawan Orde Baru salah satunya adalah untuk membatasi kekuasaan rezim Orde Baru. Kemudian wacana ini timbul, soal 3 periode, ini bahaya. 

Bahayanya kenapa? Kalau orang berani 3 periode, berarti bisa 4 periode, makanya kita Jokowi Mania menolak isu 3 periode, apa lagi diimplementasikan, karena ini bahaya buat demokrasi," ujarnya.

Selain itu, Noel mengatakan tak kenal dengan relawan JokPro 2024. Meski menolak wacana masa jabatan presiden 3 periode, Noel menghormati aspirasi JokPro 2024.

"Enggak ada yang kenal, kita enggak ada satu pun yang kenal. Tapi kita kan tahu nih aktornya siapa, aktornya kan Qodari dari lembaga survei Indo Barometer atau apa. Tapi enggak apa-apa, dalam demokrasi kan dalam wacana apa pun, gagasan apa pun, enggak apa-apa, tapi gagasan ini berbahaya ketika para aktor dan pelakunya tidak tahu sejarah," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi pun mengatakan relawan Jokowi tak mengenal relawan JokPro 2024. Budi mengatakan hanya mengetahui M Qodari yang kerap melontarkan wacana jabatan presiden 3 periode.

"Yang pasti saya hanya mengenal Pak Qodari saja dari Indo Barometer, karena temen kuliah saya di UI dulu. Selebihnya yang lain enggak kenal," ujarnya.

Senada dengan Noel, Budi mengatakan JokPro 2024 bukan bagian dari relawan Jokowi. Namun, Budi tetap menghormati aspirasi mereka.

"Saya sudah komunikasi dengan seluruh relawan Jokowi, kok enggak ada yang mengenal mereka," imbuhnya.

Relawan JokPro 2024 sebelumnya direncanakan akan membentuk sekretariat pada Sabtu (19/6) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. M Qodari, pelantang gagasan Jokowi 3 periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut. Diketahui, gagasan itu juga sempat dilontarkan Qodari pada Februari-Maret lalu.

"Organisasi ini merupakan wadah dari berbagai pihak yang menyambut ide dan gagasan yang saya lontarkan di beberapa media, pada Februari-Maret 2021," kata Qodari, kepada wartawan, Jumat (18/6)(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Relawan Jokowi Tak Kenal JokPro 2024: Wacana Presiden 3 Periode Bahaya!"

Posting Komentar