Pilpres 2024 Menarik Jika Muncul 3 Capres Berbasis Ideologi, Begini Simulasinya



GELORA.CO - Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an meramal konfigurasi politik pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang akan memungkinkan memunculkan 3 pasangan.

Dijelaskan Ali Rif'an, Pilpres 2024  memungkinkan akan ada 4 pasang calon jika PDIP maju tanpa koalisi dengan partai apapun. Mengingat secara itung-itungan politik, PDIP bisa mencalonkan diri tanpa berkoalisi dengan partai lainnya.

Ali Rif'an mengatakan bahwa peta koalisi ditentukan oleh sikap PDIP.

"Kalau PDIP koalisi dengan Gerindra akan jadi 3 bahkan mungkin 2, lokomotif koalisi tentu adalah PDIP yang peroleh suara di Pileg 22,23 persen," demikian analisa Ali Rif'an kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (17/6).

Dalama pembacaan Ali Rif'an, Pilpres 2024 mendatang akan jauh lebih menarik jika koalisi dibangun berbasis ideologi.

Mantan Manajer Riset Poltracking Indonesia ini kemudian mengutarakan simulasinya.

Pertama pasangan yang merepresentasikan Nasionalis abangan yakni Ganjar Pranowo-Puan Maharani. Kedua, kelompok pasangan Nasionalis religius Airlangga Hartarto-Muhaimin Iskandar dan Kelompok berbasis Islam politik yang mengusung Anies Baswedan-Zulkifli Hasan ataua Prabowo Subianto.

"Ini akan lebih menarik jika kemunculan koalisi berbasis ideologi, ada Ganjar-Puan, Airlangga Hartarto dan Anies, Zulhas atau dengan Prabowo," demikian kata Ali Rif'an.

Sejauh ini banyak kalangan yang menyuarakan berbagai paket pasangan yang layak diusung dalam kontestasi Pilpres 2024.  []
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilpres 2024 Menarik Jika Muncul 3 Capres Berbasis Ideologi, Begini Simulasinya"

Posting Komentar