Pertandingan Hungaria vs Portugal Padat Penonton, Sudah Aman Covid-19?



GELORA.CO - Pada Selasa (15/6), pertandingan Piala Eropa mempertemukan Hungaria dan Portugal di Puskas Arena, Budapest. Namun laga ini tidak seperti peraturan awal di mana stadion hanya dapat diisi sebanyak 25 persen kursi yang tersedia.

Bisa dibilang laga semalam dipadati seluruh penonton dari kedua belah negara yang bertanding. Apakah negara tersebut sudah aman dari Covid-19?

Sebenarnya kejadian seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di pertandingan Piala Eropa 2020. Pada laga-laga sebelumnya juga sudah terlihat sejumlah stadion yang dipadati penonton tanpa menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Padahal, sejak awal Piala Eropa telah diizinkan untuk diselenggarakan, penonton yang dapat menyaksikan langsung melalui stadion hanya berkapasitas 25 persen saja. Hal ini seolah memberikan gambaran bahwa negara tersebut sudah aman dari penyebaran Covid-19.

Buktinya, dalam pertandingan Hungaria melawan Portugal, Stadion Puskas dipadati puluhan ribu penonton tanpa ada yang menjaga jarak. Bahkan kabarnya seluruh tiket dilaporkan telah terjual habis.

Hal ini membuat pemandangan yang langka terjadi di pertandingan sepak bola era pandemi Covid-19. Di mana laga Euro 2020 di kota lainnya masih dilakukan pembatasan jumlah penonton.

Rupanya, ada jawaban yang dapat menjelaskan hal ini.

Menurut laporan CNN, Hungaria sudah mencatatkan lebih dari 800 ribu kasus Covid-19 dengan kematian hampir menyentuh angka 30 ribu. Jumlah kematian tersebut bahkan jadi yang tertinggi di Eropa.

Namun, ternyata pemerintah Hungaria telah berupaya keras untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan program vaskinasi besar-besaran menjelang Piala Eropa 2020 ini. Terhitung dari total 9,8 juta penduduk Hungaria, sekitar 5,3 juta di antaranya sudah menerima suntikan vaksin.

Selain vaksin, pemerintah Hungaria juga telah menerapkan lockdown ketat menjelang Euro 2020. Pihaknya melakukan hal tersebut supaya warganya bisa menikmati pesta Euro 2020 di Budapest.

Penonton yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion juga wajib memperlihatkan sertifikat vaksin yang mereka miliki. Sementara itu untuk anak di bawah 19 tahun yang ingin menonton, mereka harus ditemani orang dewasa yang sudah divaksin.

Untuk suporter Portugal, mereka diperbolehkan nonton langsung di stadion dengan wajib menunjukkan sertifikat vaksin atau menunjukkan hasil tes PCR 72 jam sebelum kick-off. []
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertandingan Hungaria vs Portugal Padat Penonton, Sudah Aman Covid-19?"

Posting Komentar