Muncul Kaitan Perkumpulan Sesat dengan Aksi Kolor Ijo di Langkat



GELORA.CO - Warga Langkat, Sumatera Utara (Sumut) tengah digegerkan dengan viralnya video kolor ijo. Dalam video yang ada, terkam sosok pria tanpa busana yang dinarasikan sebagai kolor ijo.

Dilihat detikcom, Senin (24/5/2021), dalam video berdurasi 32 detik itu terlihat seseorang berjalan tanpa memakai baju dan celana masuk ke teras rumah salah satu warga. Orang tersebut terlihat memakai penutup kepala berwarna merah muda (pink).

Peristiwa itu disebut terekam di salah satu rumah warga di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, pada 23 Mei 2021, pukul 03.41 WIB. Pria yang dinarasikan sebagai kolor ijo itu terlihat berupaya masuk ke rumah tersebut.

Kesaksian Warga

Warga bernama Surianto menceritakan sosok tersebut sering dikejar masyarakat. Namun, setiap dikejar warga selalu berhasil lolos.

"Manusia, sering dikejar tapi nggak dapat," kata Surianto, Selasa (25/5/2021).

Surianto menerangkan video viral itu terekam dari CCTV rumah tetangganya. Menurutnya, sosok yang dianggap kolor ijo itu juga pernah muncul di desa lain.

"Rekaman CCTV yang beredar itu di rumah tetangga saya. Di sini nggak ketangkap," katanya.

Diduga Perkumpulan Sesat
Surianto menduga aksi kolor ijo itu merupakan perkumpulan sesat. Sebab, pernah ada di kampung lain yang berhasil menangkap sosok tersebut.

Ada yang dapat, di kampung lain ya sama kelakuannya. Tapi lain orang lagi, seperti perkumpulan sesat orang itu," ucapnya.

Surianto menyebut target rumah yang didatangi sosok kolor ijo ini. Surianto mengatakan rumah janda dan istri yang ditinggal suami yang menjadi target.

"Bukan maling, cuma masuk, jumpai janda atau istri. Yang ditinggal suami atau perempuan yang dia sukai tapi hanya nampakkan diri gitu," jelasnya.

Polisi Imbau Warga Ronda

Mendapat adanya laporan kolor ijo, polisi pun turun tangan. Polisi juga telah memeriksa rekaman CCTV yang menampilkan sosok diduga kolor ijo.

"Setelah dicek, peristiwa itu benar terjadi di rumah salah satu warga bernama Mulyadi (46)," ujar Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, Senin (24/5/2021)


Polisi mengimbau warga untuk melakukan ronda malam. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang.

"Kapolsek Binjai AKP Budiadin mengimbau kepada Kadus I Desa Sendang Rejo agar membuat ronda malam agar tidak ada lagi kejadian tersebut," katanya.

Hanya Mitos
Dosen antropologi Universitas Negeri Medan (Unimed) Erond L Damanik mengatakan kolor ijo itu digambarkan dengan sosok manusia kecil. Kolor ijo ini disebut mitos di masyarakat Jawa.

"Itu kan manusia kecil yang dikatakan memiliki celana pendek berwarna hijau. Itu sebenarnya mitos Jawa," ucap Erond kepada wartawan, Senin (24/5/).

Erond mengatakan masyarakat asli Sumut sebenarnya tidak mengenal yang namanya kolor ijo. Dia mengatakan apa yang terekam CCTV di rumah warga di Langkat bukan kolor ijo.

"Nggak, mana mungkin. Salah mereka menafsirkannya itu berarti. Kolor ijo itu manusia jadi-jadian yang bisa berubah sosok menjadi hantu yang bisa mencelakai orang lain dan itu ditandai dengan dia pakai kolor warna hijau," ucapnya.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Muncul Kaitan Perkumpulan Sesat dengan Aksi Kolor Ijo di Langkat"

Posting Komentar