Anies Baswedan Apresiasi Jokowi yang Bela Palestina



GELORA.CO - Palestina diserang Israel. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membela Palestina dan tegas menyikapi Israel.

"Saya apresiasi statement Presiden (Jokowi) dan Menlu (Retno Marsudi) yang menunjukkan sikap tegas atas peristiwa yang terjadi pada bangsa Palestina," kata Anies sebagaimana dilansir Antara, Kamis (13/5/2021).

Anies berbicara di momen Idul Fitri 1442. Dia mengenakan syal bergambar bendera Indonesia dan Palestina. Dia bersimpati terhadap kondisi Palestina yang tengah dikecamuk konflik berdarah saat momen Idul Fitri 1442 H. Anies mengajak masyarakat Indonesia mendoakan bangsa Palestina.

"Ini adalah ajakan pada semua. Mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberi kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," kata Anies.

Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebas dari segala tindakan penjajahan. Dia mengutip Presiden Sukarno pada 1962 yang menyatakan Indonesia tidak pernah berhenti menentang penjajahn di tanah Palestina.

"Ini yang sekarang kita harus jaga pesan dari Proklamator kita untuk bangsa Indonesia," kata Anies.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengecam aksi kekerasan aparat Israel terhadap warga Palestina yang dimulai dalam pekan terakhir Ramadan. Aksi kekerasan dan penggusuran warga Palestina tak boleh diabaikan.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," kata Jokowi lewat akun Twitter-nya, Senin (10/5) kemarin.


Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menegaskan posisi Indonesia bersama rakyat Palestina. "Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata, menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina," kata Retno dalam jumpa pers yang disiarkan via YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5) kemarin.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anies Baswedan Apresiasi Jokowi yang Bela Palestina"

Posting Komentar