Siswa SD Kota Palopo Juara 1 Lomba Menulis Surat Diundang ke Swiss



GELORA.CO - Siswa kelas 6 SDN 1 Lalebbata, Kota Palopo, Sulawesi Selatan Nur Eka Syahrina meraih juara 1 lomba menulis surat tingkat nasional.

Putri pasangan suami istri dr. Basyar dan dr. Risna menjadi satu-satunya peserta dari timur Indonesia yang berhasil lolos dalam lomba menulis surat remaja tingkat nasional 2021.

Mengutip dari KabarMakassar.com -- jaringan Suara.com, kompetisi diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo RI), bekerjasama dengan Universal Postal Union (UPU) atau Perhimpuanan Pos Sedunia, yang berlangsung pada, 7 April sampai dengan 9 April 2021, di Jakarta.

Lomba tersebut dalam rangka partisipasi Indonesia dalam 50 tahun Internasioanal Letter-Writing Competition For Young People 2021. Dengan tema “Tulislah Surat Untuk Anggota Keluargamu tentang Pengalaman Selama Pandemi Covid-19".

Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar berhasil meraih juara pertama, dan berhak menghadiri sidang tahunan Universal Postal Union (UPU) di Bern, Swiss.

Kepala sekolah SDN 1 Lalebbata Kota Palopo Zainuddin mengatakan, telah mengikutkan dua orang siswi dimana satu diantaranya masuk dalam 10 besar yang berada pada urutan delapan, setelah berhasil bersaing dengan jumlah 2.229 peserta lomba.

“Alhamdulillah, Eka Syahrina Ramadhani masuk dalam 10 besar dan mampu meraih juara 1 tingkat nasional. Dalam 10 peserta yang masuk 10 besar Eka Syahrina Ramadhani yang duduk di Sekolah Dasar sementara 9 orang lainnya merupakan siswa SMP,” kata Zainuddin, saat dikonfirmasi, Jumat 9 April 2021.

Zainuddin mengungkapkan dengan berhasilnya Nur Eka Syahrina bisa menjadi motivasi bagi para pelajar lainnya.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi para pelajar di Kota Palopo, serta juga ikut berparisivasi dan berprestasi ketika ada kegiatan-kegiatan seperti ini. Pandemi covid-19 bukan menjadi hambatan bagi dalam mencerdaskan para siswa-siswi dan guru-guru juga tetap semangat untuk mendidik siswanya,” pesannya.

Siswi yang membawa nama baik SDN 1 Lalebbata Palopo, dikancah nasional dan dijadwalkan akan bertolak ke Swiss.

Diketahui, terdapat delapan Dewan Juri tersebut, di antaranya Berthold DH Sinaulan (Penulis); Kity Karenisa (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud); Dien Rovita (Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Indonesia); Harumi Manik Ayu Yamin (Program Studi Bahasa Inggris Universitas Indonesia);

Samuel Rachmawan (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional); Tika Wibisono (Psikolog); Shaquilla Rahmadina (Pemenang 2 Lomba Menulis Surat Lomba Menulis Surat Remaja UPU Internasional Tahun 2017); dan Eko Wahyuanto (Koordinator Prangko dan Filateli).

Pemenang Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2021:

Juara I: Nur Eka Syahrina Ramadhani Basyar (SDN 1 Lalebbata, Palopo, Sulawesi Selatan)
Juara II: Hafizhah Naahira Putri (SMPIT Bina Amal, Semarang)
Juara III: Alicia Wibowo (Focus Independent School, Surakarta, Jawa Tengah)
Juara Harapan I: Priska Mesy Ranata (SMPN 1 Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah)
Juara Harapan II: Leonardo Putra (SMP Indonesia Creative School, Pekan Baru, Riau)
Juara Harapan III: Khusnul Khotimah (MTs Negeri 1 Jombang, Jombang, Jawa Timur).

[sc]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa SD Kota Palopo Juara 1 Lomba Menulis Surat Diundang ke Swiss"

Posting Komentar