Bintang Jalasena untuk Awak KRI Nanggala Patriot Penjaga Negara



GELORA.CO - Seluruh elemen bangsa berduka atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402. Penghargaan tertinggi diberikan kepada mereka yang telah menjaga kedaulatan negara.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI angkatan laut di KRI Nanggala-402 dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Para prajurit yang gugur itu merupakan patriot terbaik bangsa. Pengabdian para prajurit tersebut bakal terus melekat di ingatan seluruh anak bangsa.


"Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik, penjaga kedaulatan negara. Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

Jokowi turut mendoakan prajurit TNI yang gugur. Selain itu, Jokowi juga menguatkan keluarga yang ditinggalkan.

"Semoga arwah prajurit-prajurit hiu kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa," imbuh Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan 53 prajurit TNI yang gugur dalam KRI Nanggala-402 akan diberi kenaikan pangkat. Para awak kapal selam yang gugur itu juga akan diberi tanda kehormatan Bintang Jalasena.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," kata Jokowi.


Jokowi mengatakan negara juga menjamin biaya pendidikan anak-anak dari prajurit yang gugur. Jaminan pendidikan tersebut diberikan hingga tingkat S1.

"Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1," ujarnya.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bintang Jalasena untuk Awak KRI Nanggala Patriot Penjaga Negara"

Posting Komentar