Beredar Video Diduga Puing KRI Nanggala-402 Sajadah Utuh, Begini Faktanya



GELORA.CO - Kapal selam KRI Nanggala-402 yang sempat dinyatakan hilang akhirnya ditemukan pada di bawah permukaan laut dalam perairan Bali bagian utara pada (25/04/2021) pukul 09.04 Wita.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala 402 ditemukan di kedalaman 838 meter dan terbelah menjadi tiga bagian.

Seiring hebohnya kabar insiden 53 awak KRI Nanggala-402 gugur tersebut, beredar pula berbagai video yang diklaim merekam keberadaan puing-puing kapal selam tersebut.

Penceramah Gus Miftah ikut membagikan sebuah video yang membuat warganet bertanya-tanya apakah itu benar rekaman puing-puing KRI Nanggala-402.

Gus Miftah membagikan video tersebut pada Senin (26/4/2021) dengan narasi, "Ya Allah. Untuk para syuhada'... Alfatihah".



Dalam video tersebut, terlihat tumpukan puing-puing tak utuh yang tersebar di beberapa titik. Tampak pula beberapa pria berpakaian TNI tengah memerika serpihan-serpihan.

Selain itu, diperlihatkan pula dalam video keberadaan sebuah sajadah yang sontak menjadi perhatian publik.

Pasalnya, sajadah bewarna coklat tersebut bentuknya masih utuh, berbeda dari puing-puing lain.

Terpantau dari kolom komentar, beberapa warganet mempertanyakan video tersebut. Beberapa dari mereka bertanya apakah itu puing KRI Nanggala-402,  tetapi sebagian lain mengaku sudah tahu itu milik Sriwijaya Air SJ 182.

"Ini serpihan kapal selam atau serpihan pesawat Bib?" tanya mas*****rul,

"Insya Allah surga untuk mereka," kata Cah*******8.

"Yang lain pada hancur sajadah hanya sobek sedikit. Subhanallah," timpal Si******12.

Lalu apakah itu video puing-puing KRI Nanggala-402?

Ditelusuri tim cek fakta Suara.com lewat Yandex, foto tersebut ternyata merekam momen pemeriksaan serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Foto identik dibagikan dalam situs media foto.tempo.co pada Jumat, 15 Januari 2021 dengan keterangan yang menjelaskan bahwa foto diambil ketika tim gabungan memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Adapun keterangan foto berbunyi, "Panglima Koarmada I Laksmana Muda TNI AL Abdul Rasyid (Ketujuh kiri) memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat 15 Januari 2021. Panglima Koarmada I Laksmana Muda TNI Al Abdul Rasyid mengatakan tim SAR masih melakukan pencarian memori dari CVR tersebut karen atelah terpisah dari underwater locator beacon'. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja".

KRI Nanggala-402

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto membeberkan bukti-bukti otentik yang menjadi dasar kesimpulan bahwa seluruh patriot yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 meninggal dunia alias gugur.

Bukti-bukti otentik itu diketahui dari gambar hasil tangkapan kamera dalam air dengan bantuan multibeam sonar, magnetometer, hingga robot Remotely Operated Vehicle (ROV).

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," kata Hadi dalam jumpa pers, Minggu (25/4/2021).

Hadi sebelumnya menyatakan, seluruh patriot yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 meninggal dunia. Kepastian itu disampaikan berdasar bukti-bukti otentik yang diperoleh.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ucap Hadi.

Referensi

https://bit.ly/32KTlRd


[sc]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beredar Video Diduga Puing KRI Nanggala-402 Sajadah Utuh, Begini Faktanya"

Posting Komentar