Seruan Demokrat Desak KLB Dibubarkan Saat Muncul Tanda-tanda Persiapan



GELORA.CO - Kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) telah disiapkan dan akan tetap dilakukan. Seruan untuk KLB dibubarkan menyeruak di kubu pengurus PD yang menolak KLB.

Salah satu munculnya tanda-tanda persiapan KLB adalah foto lokasi kongres yang sudah disiapkan di The Hill Hotel and Resort Sibolangit, Deli Serdang. Dalam foto yang beredar, terdapat panggung lengkap dengan logo PD.

Seting ruangan adalah seting pertemuan besar. Terdapat banyak kursi untuk menyambut tamu-tamu dan peserta acara.

detikcom mencoba menelusuri ke hotel di mana KLB Partai Demokrat itu digelar. Suasana di lokasi, tampak sejumlah petugas satuan pengamanan berjaga di lokasi.

Sejumlah kendaraan hilir mudik memasuki area KLB Partai Demokrat. Sementara itu, awak media tak diperkenankan memasuki area KLB.

Dari pantauan, ada dua titik pos jaga di sekitar area KLB Partai Demokrat. Sejumlah orang yang datang turun dari mobil di dekat pos satu dan menuju area KLB.

Keberadaan lokasi KLB Partai Demokrat dikonfirmasi oleh salah satu pendiri partai, Hencky Luntungan.
"Benar tapi saya belum tiba," kata Hencky saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Pengurus PD Minta KLB Dibubarkan

Partai Demokrat (PD) meminta pihak kepolisian membubarkan KLB di Deli Serdang. Partai Demokrat menilai adanya KLB tersebut ilegal dan bertentangan dengan DPP.


"Selain itu alasannya ini urusan internal Partai Demokrat sehingga tidak bisa dibubarkan meski tidak ada ijin, kita pastikan alasan ini tidak benar," kata Ketua Dewan Kehormatan PD Hinca Pandjaitan kepada wartawan, Kamis (3/4/2021).

Anggota Komisi III DPR RI mengaku sudah memastikan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa penyelenggaraan KLB Partai Demokrat dipastikan ilegal karena tidak ada izin penyelenggaan dari Polri. Hinca menilai negara membiarkan pelanggaran hukum jika KLB tetap berjalan.

"Selain alasan itu tak dapat dibenarkan oleh hukum, juga kita pastikan penyelenggaraan KLB ilegal ini justru melibatkan pihak eksternal secara sengaja dan menjadi aktor intelektualnya yakni Moelldoko sebagai Kepala KSP yang sama sekali bukan kader Partai Demokrat," ujarnya

Hinca mengatakan persoalan Partai Demokrat ini pun bukan hanya urusan internal partai semata, tapi melibatkan pihak eksternal. Oleh sebab itu, dia meminta polisi membubarkan jika ditemukan KLB ilegal.

"Jadi memang harus dibubarkan. Jika tidak dibubarkan, polisi dan istana telah melakukan pembiaran pelanggaran hukum dan perusakan demokrasi kita secara permanen," ucap Hinca.

"Pak SBY, Mas AHY sebagai Ketum PD dan semua kader Partai Demokrat menuntut keadilan dari negara yang harusnya melindungi Partai Demokrat yang secara sah diakui negara dan didaftar secara hukum di Kemenkum HAM. Ini adalah kematian demokrasi yang diinginkan negara. Ini berbahaya dan mengancam kehidupan kita berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Sementara itu, DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) mengadukan adanya KLB ilegal di salah satu hotel di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Mereka meminta agar acara tersebut dibubarkan oleh petugas.

"Kami dari DPD Partai Demokrat Sumut bersama dengan para Ketua DPC se- Sumut yang hadir pada saat ini, melaporkan kepada Polrestabes Medan di mana kita ketahui bersama ada KLB ilegal Partai Demokrat di Hotel The Hill. Di mana itu adalah di wilayah hukum dari Polrestabes Medan. Kami minta dari pada Polrestabes Medan untuk dibubarkan demi hukum. Karena tidak sesuai dengan kehormatan dan kedaulatan Partai Demokrat. Jadi kami akan berikan malam ini juga kepada Polrestabes Medan," kata Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Herri Zulkarnain kepada wartawan.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seruan Demokrat Desak KLB Dibubarkan Saat Muncul Tanda-tanda Persiapan"

Posting Komentar