Gunakan Prosesi Adat Minang, Ternyata Atta Lahir dari Keluarga Asal Payakumbuh



GELORA.CO - Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah telah menggelar prosesi lamaran pada Sabtu (13/3/2021). Jika tak ada halangan, pasangan ini akan menggelar pernikahan pada April mendatang.

Mengenai konsep pernikahan, pasangan ini akan menggunakan dua adat yang berbeda, di mana Aurel dari Jawa dan Atta dari Minang. Darah Minang Atta diperoleh dari kedua orang tuanya.

Dikutip dari Wikipedia, Ibu Atta bernama Lenggogeni Faruk merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Lenggogeni merupakan anak dari pasangan Umar Faruk dan Yulfiayang berasal dari Payakumbuh, Sumatra Barat. Setelah menikah, orang tua Lenggogeni kemudian pindah ke Dumai.

Sementara ayah Atta, Halilintar Anofial Asmid berasal dari pasangan asli Sumbar. Ayahnya bernama Asmid yang berasal dari Padang Tarok, Baso, Kabupetan Agam. Sedangkan ibunya adalah Nurdini yang juga berasal dari Kabupaten Agam.

Dalam buku berjudul “Halilintar The Father” yang ditulis Lenggogeni Faruk, Nurdini pernah berkuliah di Kedokteran Universitas Andalas. Sejak menikah, Nurdini diboyong Asmid pindah ke Dumai.

Setelah menikah, kehidupan Halilintar dan Lenggogeni Faruk tidak berjalan dengan mulus. Seperti dikutip dari buku “Halilintar the Father”, setelah anak kelahiran anak ke-7, Halilintar harus ke luar negeri untuk menyelesaikan berbagai urusan. Sehingga ia harus berpisah dengan istrinya selama satu tahun.

Jika dilihat dari garis keturunan ibu (matrilineal), Atta murni berdarah Minang. Itu sebabnya, Atta menggunakan adat Minang pada beberapa prosesi pernikahan. Hal ini terlihat dari prosesi lamaran dan foto prewedding Atta dan Aurel.

Dalam acara lamaran yang dilakukan pada Sabtu (13/3/2021), terdapat prosesi “Batuka Tando” atau memberikan seserahan. Seserahan diberikan dari keluarga Atta kepada keluarga Aurel.

Dalam sesi foto prewedding, keduanya juga kompak mengenakan pakaian adat Minang. Pakaian adat Minang yang dikenakan Aurel bernuansa hijau, emas dan merah. Dia juga mengenakan “tingkuluak balenggek” khas adat Minang.

Sedangkan Atta Halilitar terlihat mengenai pakaian adat Minang dengan konsep ungu dan emas. Atta nampak tengah duduk di sebuah kursi yang ditutupi kain berwarna kuning keemasan. Ia juga mengenakan saluak bewarna merah.

Foto prewedding tersebut juga dibagikan keduanya dalam akun instagram masing-masing @aurelie.hermansyah dan @attahalilintar.(*)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunakan Prosesi Adat Minang, Ternyata Atta Lahir dari Keluarga Asal Payakumbuh"

Posting Komentar