Siap Jadi Penengah, Qatar Ajak Negara-negara Teluk Mulai Berdialog Dengan Iran



GELORA.CO - Qatar mendesak negara-negara Teluk Arab untuk melakukan dialog dengan Iran. Doha juga menyatakan keinginannya untuk menjadi penengah dialog tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani saat melakukan wawancara dengan Bloomberg dan dirilis pada Selasa (19/1).

"Ini juga keinginan yang dimiliki oleh negara-negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) lainnya," kata Al-Thani.

Pernyataan Al-Thani tersebut dilakukan setelah baru-baru ini Qatar melakukan rekonsiliasi dengan negara-negara tetangganya di Teluk Arab yang memburuk selama lebih dari tiga tahun terakhir.

Negara-negara Teluk Arab menyebut Qatar telah mendanai kelompok-kelompok militan dan merusak upaya untuk mengisolasi Iran.

Sementara itu, terkait dengan kemungkinan adanya dialog antara Iran dan Amerika Serikat (AS), Qatar juga menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi hal tersebut. Doha juga mendukung siapa pun yang akan melakukan negosiasi.

Presiden terpilih AS Joe Biden sendiri telah berjanji untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran yang ditandatangani pada 2015 dan ditinggalkan Washington pada 2018.

"Kami ingin pencapaian, kami ingin melihat kesepakatan terjadi", tegas Al-Thani.[rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siap Jadi Penengah, Qatar Ajak Negara-negara Teluk Mulai Berdialog Dengan Iran"

Posting Komentar