Banyak Musibah, MUI Akan Gelar Muhasabah-Istighosah Untuk Negeri Di Masjid Istiqlal



GELORA.CO - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan acara Muhasabah dan Istighosah Untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis malam (28/1).

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis menjelaskan, muhasabah dan istighosah diselenggarakan untuk memohon pertolongan dari Allah menyusul banyaknya musibah yang menimpa Tanah Air.


Menurut Cholil, rentetan musibah yang menimpa itu tidak bisa hanya dipahami sebagai ujian saja. Di sana ada unsur adzab karena maksiat yang dilakukan umat Islam, ada pula hukum alam yang mengikuti hukum kausalitas.

Sehingga, Cholil menyebut penyikapan manusia terhadap musibah itu harus sesuai dengan proporsinya, Jika kejadian musibah berkaitan dengan hukum alam, maka tugas manusia adalah meminta agar Allah menguatkan alam ini.

"Kalau berkaitan dengan dosa, (maka) kita bertaubat kepada Allah. Mengajak kepada seluruh anak bangsa dan seluruh dunia untuk bertaubat, agar Allah memberika keselamatan," ujarnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (27/1).

Lebih jauh, Cholil menyebut agenda tersebut merupakan bagian dari dakwah MUI kepada umat Islam di Indonesia.

"MUI sebagai organisasi dari perkumpulan ormas-ormas, ulama dan cedekiawan juga ingin memberikan contoh dan mengajak agar kita semua meningkatkan doa kepada Allah sebagai senjata orang muslim dalam menghadapi segala hal, yakni dengan cara mendekatkan diri kepada Allah," tandasnya.

Muhasabah dan istighosah akan diselenggarakan secara luring dan daring. Bagi yang tidak bisa datang ke Masjid Istiqlal, bisa mengikutinya melalui Youtube Channel Official TV MUI mulai pukul 20.00 WIB.

Istighosah akan dipimpin oleh Habib Nabil Al-Musawwa yang dirangkai dengan doa dari sejumlah ulama. (RMOL)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Musibah, MUI Akan Gelar Muhasabah-Istighosah Untuk Negeri Di Masjid Istiqlal"

Posting Komentar