Survei SMRC: 73% Responden Tahu HRS, Hanya 43% yang Suka



GELORA.CO - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait opini publik terhadap FPI dan Habib Rizieq Syihab (HRS). Hasilnya, Rizieq dikenal oleh 73 persen responden, namun hanya disukai 43 persen di antaranya.

Survei dilakukan pada rentang waktu 18-21 November 2020 terhadap 1.201 responden yang dipilih dengan metode simple random sampling. Margin of error survei adalah 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

SMRC mulanya memberikan pertanyaan 'Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah mendengar organisasi atau kelompok bernama Front Pembela Islam?'. Hasilnya, 69 persen responden mengaku tahu atau pernah mendengar nama FPI.

Dari 69 persen yang tahu FPI, responden diberi pertanyaan lagi 'Kalau tahu atau kenal, apakah Ibu/Bapak suka atau tidak suka dengan FPI?'. Sebanyak 43 persen mengaku suka dengan FPI.

"Kita menemukan dari total 69 persen warga yang tahu (FPI) ini, 43 persen di antaranya mengaku suka, 41 persen di antaranya tidak suka, dan 16 persen tidak menjawab," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirajuddin Abbas dalam rilis survei, Kamis (26/11/2020).

SMRC lalu membandingkan dengan hasil survei pada Januari 2018, ketika pengetahuan responden terhadap organisasi Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sebesar 79 dan 90 persen. Sementara 59 persen responden mengetahui FPI dan hanya 33 persen di antaranya yang mendukung perjuangan FPI.

"Sementara FPI, hanya 33 persen warga yang setuju pada perjuangan FPI dari total 59 persen yang kenal FPI," ujarnya.

SMRC juga memetakan pengetahuan responden terhadap nama sejumlah tokoh, di antaranya Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Habib Rizieq. Hasilnya, 73 responden mengaku kenal nama Habib Rizieq, namun hanya 43 persen di antaranya yang suka.

"Sementara Pak Habib Rizieq Syihab itu hanya disukai oleh 43 persen warga dari total 73 persen yang kenal beliau," ujar Abbas.

Menurut Abbas, kesukaan terhadap tokoh lebih penting dari awareness atau pengetahuan masyarakat terhadap tokoh tersebut. Berdasarkan survei SMRC, hanya nama Habib Rizieq yang disukai kurang dari 50 persen responden yang kenal namanya.

"Dibandingkan tokoh-tokoh ini, Habib Rizieq Syihab ini tergolong tokoh yang tidak begitu disukai oleh masyarakat Indonesia, setidaknya di kalangan masyarakat yang sudah mengenal beliau, dibanding tokoh-tokoh lain," ungkapnya.

Berikut ini tingkat awareness dan kesukaan responden terhadap sejumlah tokoh berdasarkan survei SMRC:

Ridwan Kamil
65% responden tahu
85% dari responden yang tahu mengaku suka

Ganjar Pranowo
54% responden tahu
85% dari responden yang tahu mengaku suka

Sandiaga Uno
83% responden tahu
84% dari responden yang tahu mengaku suka

Khofifah Indar Parawansa
53% responden tahu
83% dari responden yang tahu mengaku suka

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
65% responden tahu
76% dari responden yang tahu mengaku suka

Prabowo Subianto
96% responden tahu
75% dari responden yang tahu mengaku suka

Anies Baswedan
81% responden tahu
74% dari responden yang tahu mengaku suka

Habib Rizieq Syihab
73% responden tahu
43% dari responden yang tahu mengaku suka []
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Survei SMRC: 73% Responden Tahu HRS, Hanya 43% yang Suka"

Posting Komentar