Setelah Mark Esper, Siapa Lagi Yang Akan Dipecat Trump?



GELORA.CO - Para pejabat tinggi di AS yang terkejut dengan pemecatan Menteri Pertahanan Mark Esper merasa khawatir dan langsung menduga-duga siapa lagi pejabat keamanan nasional teratas lainnya yang telah membuat  Presiden Donald Trump marah dan kemungkinan akan menjadi sasaran tembak berikutnya?

Disebut-sebut, Direktur CIA Gina Haspel akan menjadi yang berikutnya. Trump dan beberapa sekutu konservatifnya menjadi semakin kecewa dan frustrasi dengan wanita itu, menuduhnya menunda perilisan dokumen yang mereka yakini akan mengekspos apa yang disebut plot 'negara bagian' terhadap kampanye Trump dan transisi pemerintahan Obama.



Haspel menolak, dengan alasan bahwa mengungkapkan klasifikasi dokumen tersebut akan membahayakan keamanan nasional AS dengan mengungkapkan sumber dan metode penting, seperti dikutip dai VOI, Selasa (10/11).

Rasa kecewa itu telah bertahan sejak Hari Pemilihan. Seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan, bahwa mereka mengharapkan Trump mencopot Haspel dari jabatannya, seperti yang dilakukan pada Mark Esper pada hari Senin.

Direktur FBI Christopher Wray juga salah satu yang membuat Trump marah, dan beberapa sumber mengatakan bisa jadi dia adalah yang menjadi sasaran tembak beriktunya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Trump dan sekutunya kerap mengkritik tajam Wray karena gagal memberikan informasi yang mereka klaim akan berbahaya bagi musuh politik Presiden, termasuk Biden. Prospek bahwa Trump dapat memecat Wray telah membayangi FBI selama berminggu-minggu.

Seorang sumber yang dekat dengan Presiden mengatakan Trump dan para pembantu utamanya memang berdiskusi tentang pemecatan Wray sebelum pemilihan. Pembicaraan itu tampaknya bergantung pada kemenangan Trump dalam pemilihan, yang berarti Presiden kemungkinan besar akan mengambil langkah seperti itu seandainya dia mengalahkan Joe Biden.

"Ada diskusi tentang itu," kata sumber itu tentang potensi untuk memecat Wray, seperti dikutip dari CNN.

Jika Trump memecat Haspel dan Wray, yang bersama dengan Esper adalah dua pejabat keamanan nasional paling seniornya, itu kemungkinan akan menambah rasa kekacauan di dalam pemerintahan karena Presiden menolak untuk mengakui kekalahan dalam pemilihan yang diproyeksikan akan menang. (RMOL)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setelah Mark Esper, Siapa Lagi Yang Akan Dipecat Trump?"

Posting Komentar