Sebelum Trump Umumkan Pemecatan, Meadows Menelepon Mark Esper: Kamu Akan Diganti



GELORA.CO - Pemecatan Menteri Pertahanan Mark Esper oleh Presiden Donald Trump sebelumnya sudah diketahui oleh kepala staf Presiden Mark Meadows. Hubungan Esper sudah sangat tegang dengan Trump belakangan ini dan sebenarnya Esper sudah menyiapkan surat pengunduran diri sejak beberapa minggu sebelumnya.

Sesaat sebelum Trump mengumumkan pemecatan Esper, Meadows menelepon Esper untuk mengatakan bahwa dia akan dipecat dan digantikan oleh Christopher Miller, yang menjabat sebagai Direktur National Counterterrorism Center.



Esper menanggapinya dan memberikan surat untuk Trump, "Saya mengabdi pada negara sehubungan dengan Konstitusi, jadi saya menerima keputusan Anda untuk menggantikan saya," ujar Esper seperti dikutip dari VOI, Selasa (10/11).

"Saya menyingkir karena mengetahui banyak yang telah kami capai di Departemen Pertahanan selama delapan belas bulan terakhir untuk melindungi bangsa dan meningkatkan kesiapan, kemampuan, dan profesionalisme pasukan gabungan, sambil secara fundamental mengubah dan mempersiapkan militer untuk masa depan," kata Esper dalam suratnya untuk Trump.

Keretakan Esper dengan Trump semakin dalam setelah dia mengatakan dalam konferensi pers bulan Juni bahwa dia tidak mendukung penggunaan pasukan aktif untuk memadamkan protes skala besar di seluruh Amerika Serikat yang dipicu oleh kematian George Floyd di tangan polisi.

Esper, yang tidak ingin pasukan AS turun ke jalan selama kerusuhan selama musim panas, mengatakan kepada Trump untuk tidak menggunakan Undang-Undang Pemberontakan.

Dalam beberapa bulan terakhir Esper menjadi sasaran kemarahan Gedung Putih atas desakannya bahwa Pentagon dan militer AS tidak menjadi bagian kampanye pemilihan ulang Trump, berbeda dengan tindakan Jaksa Agung William Barr, Direktur Intelijen Nasional John Ratcliffe, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, dan Menteri Pertanian Sonny Purdue.

Setelah pemecatan Esper, Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, mengadakan telekonferensi video dengan staf dan komandan kombatan di seluruh dunia. Para pejabat itu sekarang akan memanggil rekan-rekan mereka di luar negeri untuk meyakinkan mereka bahwa misi militer AS berlanjut dan untuk meyakinkan mereka bahwa Pentagon menjaga stabilitas militernya.

Christopher Miller, yang akan menggantikan posisi Esper, telah menjadi kekuatan pendorong di balik beberapa kebijakan Trump yang menargetkan Iran dan kelompok proxy Hizbullah, serta upaya kontraterorisme yang terkait dengan perang di Suriah dan Irak. Sebelum memimpin NCTC, Miller adalah direktur kontraterorisme di Dewan Keamanan Nasional.

Miller berasal dari Iowa dan pensiunan perwira Angkatan Darat AS. Miller terlihat tiba di Pentagon kemarin. Dia bertemu dengan Milley dan staf lainnya untuk pengarahan tentang masalah-masalah seperti kode nuklir dan operasi militer di seluruh dunia. (RMOL)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebelum Trump Umumkan Pemecatan, Meadows Menelepon Mark Esper: Kamu Akan Diganti"

Posting Komentar