Amirsyah Tambunan, Intelektual Muhammadiyah Jadi Sekjen MUI



GELORA.CO -  Amirsyah Tambunan didapuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 lewat Musyawarah Nasional X MUI di Jakarta, 25-27 November 2020.

Sebagai Sekjen MUI Amirsyah akan mendampingi Ketua Umum MUI yang baru, Miftachul Akhyar. Sementara Ma'ruf Amin bergabung dengan kepengurusan MUI saat ini sebagai ketua dewan pertimbangan.

Amirsyah pernah menjabat Wakil Sekjen Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI. Kini ia menggantikan posisi Anwar Abbas yang duduk di jabatan Wakil Ketua Umum MUI periode 2020-2025.

Di luar MUI, Amirsyah dikenal sebagai pengajar. Ia terdaftar sebagai dosen di program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Google Scholar mencatat setidaknya ada tiga artikel ilmiah yang pernah ditulis Amirsyah. Ketiganya berkaitan dengan penerapan nilai Islam di Indonesia.

Salah satu artikel mengkaji Islam Wasathiyah atau Islam moderat. Artikel itu ditulis dalam bahasa Inggris dengan judul Islam Wasathiyah To Build A Dignified Indonesia (Efforts To Prevent Radical-Terrorism).

"Muslim di Indonesia menghadapi tantangan global dalam bentuk liberalisme dalam berbagai dimensi kehidupan. Karena itu, muslim bisa mengekspresikan aspirasi mereka lewat gerakan yang terkenal dengan Aksi 411, 212 dalam cara damai. Berbagai kalangan menghormati muslim karena mampu membuktikan umat Islam yang bermufakat di Indonesia. Membawa Islam wasathiyah (moderat), agar tidak menimbulkan anarki," seperti dikutip dari abstrak artikel tersebut.

Selain berkarier di MUI dan dunia akademis, Amirsyah juga aktif di PP Muhammadiyah. Ia tercatat sebagai Wakil Ketua Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PP Muhammadiyah. []
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amirsyah Tambunan, Intelektual Muhammadiyah Jadi Sekjen MUI"

Posting Komentar