Perburuan Napi LP Tangerang Cai Changpan hingga ke Hutan


GELORA.CO - Sudah dua pekan lebih Cai Changpan, narapidana kasus narkoba kabur dari Lapas Klas I Tangerang. Perburuan tim belum membuahkan hasil.
Terakhir, petugas melacak jejaknya berada di sebuah hutan. Tim gabungan pun saat ini tengah memfokuskan pencarian Cai Changpan ke kawasan hutan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sampai saat ini tim masih pengejaran, kita fokuskan ke daerah hutan Tenjo, Kabupaten Bogor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (1/10/2020).

Cai Changpan diketahui sempat mampir ke rumah istrinya di Bogor, beberapa saat setelah berhasil kabur dari LP Tangerang. Dia juga menyebut berdasarkan tracing handphone yang dipegang Cai Changphan juga menuju ke hutan di wilayah Bogor.

"Itu 4,5 jam setelah melarikan diri dari Lapas itu sampai di daerah Tenjo di kediaman istri dan anaknya di Bogor," ucapnya.

Yusri menyebut saat ini pihaknya juga masih bergerak menelusuri hutan Tenjo tersebut. Dia berharap masyarakat bisa membantu dengan DPO yang sudah diterbitkan.

Tim masih gerak masuk ke dalam dan kita terbitkan DPO untuk mudahkan masyarakat identifikasi dan bantu informasikan pada polisi. DPO sudah kita terbitkan ke masyarakat, semoga dengan DPO dan sebarkan foto tersangka agar masyarakat bisa bantu untuk memberi informasi kepada petugas kita," ujar Yusri.

Cai Changpan telah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Metro Jaya. Penerbitan DPO dilakukan untuk memudahkan pelacakan napi WN China itu,

"Iya jadi sudah dimunculkan DPO untuk yang bersangkutan, itu benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (1/10/2020).

Meski demikian, Yusri membantah terkait upah Rp 100 juta terkait penangkapan DPO tersebut. Dia menyebut ada kesalahan pencetakan.

"Tidak benar (ada upah Rp 100 juta), itu ada kesalahan," ujarnya.

Terlihat pada selebaran DPO yang beredar, foto wajah dari Cai Changpan dipampang. Terlihat Cai dalam keadaan gundul dengan mengenakan baju warna oranye.

Dalam selebaran itu dicantumkan nomor telepon petugas yang dapat dihubungi jika menemukan Cai. Warga yang mengetahui keberadaan Cai Changpan diminta segera melapor ke polisi.

Pencarian napi Cai Changpan hingga kini masih terus digencarkan. Polda Metro Jaya diketahui telah membentuk tim khusus guna melacak keberadaan gembong narkoba tersebut.

Polisi juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mempersempit ruang gerak Cai Changpan. Salah satunya mencekal napi tersebut pergi ke luar negeri.

Total hingga kini sudah ada 14 saksi yang telah diperiksa polisi dari kasus tersebut. Para saksi terdiri atas petugas, rekan satu sel, hingga istri napi Cai yang berada di Tenjo, Bogor.(rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perburuan Napi LP Tangerang Cai Changpan hingga ke Hutan"

Posting Komentar