Daftar 10 Negara Muslim Terkaya di Dunia, Ada Indonesia?


GELORA.CO - Untuk menjadi pemain penting dalam perekonomian global, suatu negara sangat tergantung pada PDB per kapita yang besar. Mengutip defence Ahad (27/9) dari Yahoo Finance. 

Namun sayangnya, dari 10 negara tersebut, Indonesia tidak masuk daftar. Berikut ini deretan 10 negara yang dikategorikan negara Muslim terkaya versi Yahoo Finance:  

1. Qatar 

Sebagai salah satu negara Teluk dengan populasi 1,7 juta jiwa, Qatar memuncaki negara mayoritas Muslim terkaya di dunia. Hal itu, terbukti dari PDB per kapita yang mencapai lebih dari USD 88,919 atau Rp 1,328 miliar pada 2011 (Rp 14.938/USD). 

Qatar, juga dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Hal itu, didorong dengan adanya peningkatan produksi ekspor gas alam, minyak dan petrokimia yang terus berlangsung.  

Sebagai negara yang dijadwalkan menjadi tuan rumah piala dunia 2022, Pemerintah Qatar juga mulai menjadikannya sebagai tujuan investor. Khususnya untuk menjadikan negara itu sebagai tuan rumah bisnis yang lebih baik dengan memanfaatkan Piala Dunia 2022.

2. Kuwait 

Di urutan kedua, Kuwait dengan populasi 3,5 juta ini, menjadi yang terkaya karena pendapatan PDB per kapitanya mencapai USD 54,654 atau Rp 816 juta pada 2011. Serupa dengan Qatar, Kuwait juga menyimpan cadangan minyak mentah sekitar 104 juta barel. Secara kasar, jumlah itu diperkirakan sekitar 10 persen dari cadangan dunia.  

3. Brunei Darussalam 

Negara Muslim di urutan ketiga terkaya ini, memiliki PDB per kapita sebesar USD 50,506 atau sekitar Rp 754 juta pada 2010. Negara ini, kaya karena ladang minyak dan gas alamnya yang luas. Bahkan, dalam 80 tahun terakhir, perekonomian Brunei didominasi industri minyak dan gas. Selain dari sumber daya hidrogen yang menyumbang lebih dari 90 persen ekspornya atau sekira setengah PDB nya. 

4. Uni Emirat Arab 

UEA di urutan keempat sebagai negara Muslim terkaya, memiliki PDB per kapita hampir USD 48,222 atau sekira Rp 720 juta pada 2011. Sama seperti negara kaya Muslim lainnya, UEA juga memegang peranan penting dalam ekspor minyak bumi dan gas alam.

5. Oman  

Sebagai negara dengan PDB per kapita USD 28,880 atau sekitar Rp 431 juta pada 2011, Oman masih menyimpan cadangan minyak yang sangat melimpah, tak heran jika saat ini negara tersebut berada di peringkat 28 dunia untuk cadangan minyaknya. Sedangkan untuk sumber daya mineral, Oman memiliki tembaga, emas, seng, dan besi.

6. Arab Saudi 

Negara di urutan keenam ini, memiliki PDB per kapita mencapai USD 24,434 atau Rp 364 juta pada 2011. Hingga kini, Arab Saudi diketahui memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia. Sedangkan minyak dari Saudi diketahui menyumbang lebih dari 95 persen ekspor, jumlah itu nyatanya juga menjadi 70 persen dari pendapatan pemerintah.

7. Bahrain  

Di posisi selanjutnya, Bahrain memiliki PDB per kapita yang mencapai USD 23,690 (Rp 353 juta) pada 2011. Selain Qatar, Bahrain juga dinobatkan sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di wilayah Arab. Bahkan, pada 2008 lalu, negara ini dinobatkan sebagai pusat keuangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia oleh Indeks Pusat Keuangan Global Kota London. 

Sektor perbankan dan keuangan Bahrain telah didorong permintaan minyak. Pasalnya, minyak bumi adalah produk yang paling banyak diekspor Bahrain. Selain dari aluminium yang dianggap sebagai produk kedua yang paling banyak diekspor, diikuti oleh keuangan dan bahan konstruksi.

8. Turki  

Di urutan kedelapan, Turki memiliki PDB per kapita sekitar USD 18,885 atau Rp 252 juta pada 2011. Lain dengan negara kaya Muslim lainnya, perekonomian Turki meningkat karena membuka pasarnya melalui reformasi ekonomi dengan mengurangi kontrol pemerintah atas perdagangan dan investasi luar negeri, termasuk privatisasi industri milik publik. 

Bahkan, pariwisata Turki juga mengalami pertumbuhan pesat dan merupakan bagian penting dari perekonomian. Sebagai informasi, sektor utama Turki adalah perbankan, konstruksi, penyulingan minyak, petrokimia dan otomotif. Selain itu, Turki juga merupakan salah satu pembuat kapal terkenal, selain dari China, Jepang dan Korea Selatan, dalam hal jumlah pesanan.

9. Libya  

Libya, sebelum krisis meletus yang menjadikan negara ini terpuruk hingga kini, memiliki PDB per kapita USD 14,100 pada 2011 atau sekitar Rp 210 juta. Sebagai negara yang memiliki PDB per kapita tertinggi di Afrika, Libya juga memiliki cadangan minyak terbesar ke 10 di dunia. Selain dari menempati negara ke-17 dengan produksi minyak bumi tertinggi di dunia.

10. Malaysia 

Malaysia menjadi negara urutan terakhir dalam penerimaan terbesar PDB per kapita negara kaya Muslim, karena mencapai USD 15,589 di tahun 2011 (Rp 232 juta). Ekonomi dari negara ini cenderung pada relatif terbuka.  

Selain itu, Malaysia juga diketahui sebagai pengekspor sumber daya pertanian. Meskipun, sumber daya ekspor yang paling berharga adalah minyak bumi. Negara ini juga menjadi penghasil timah, karet, dan minyak sawit terbesar di dunia. Malaysia tetap menjadi salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia. Infrastruktur di Malaysia, juga dianggap sebagai salah satu yang paling berkembang di Asia.[viva]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar 10 Negara Muslim Terkaya di Dunia, Ada Indonesia?"

Posting Komentar