Jelang Latihan Militer AS, China Kerahkan Jet Tempur Dan Kapal Perang Ke Kepulauan Spratly


GELORA.CO - China kembali mengerahkan kapal perang dan jet tempurnya ke Kepulauan Spratly di Laut China Selatan yang disengketakan. Pengerahan dilakukan menjelang latihan militer besar-besaran yang akan dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) pada 17 hingga 31 Agustus.

Berdasarkan laporan media pemerintah China yang dikutip RFA pada Senin (3/8), jet tempur canggih China sudah terbang ke pangkalan yang diduduki Beijing di Subi Reef, Kepulauan Spratly dalam sepekan terakhir.

Penyiar pemerintah China yang berbasis di Provinsi Hunan juga menayangkan dokumenter brigade Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) yang terlibat dalam latihan itu akhir pekan lalu.

Di dalam video tersebut tampak empat jet tempur Su-30MKK dilaporkan melakukan pengisian bahan bakar di udara saat dalam penerbangan 10 jam ke Subi Reef. Komandan brigade mencatat, itu adlaha rekor penerbangan jarak jauh PLAAF.

Namun, para ahli di China Aerospace Studies Institute (CASI) mengatakan, membutuhkan waktu kurang dari 10 jam untuk terbang langsung ke Subi dari Changsham markas PLAAF di Hunan.

"Matematika dalam perjalanan 10 jam tidak masuk akal. Jaraknya sekitar 1.300 mil dari Changsha ke Spratly, yang seharusnya hanya memakan waktu dua hingga tiga jam dengan kecepatan jelajah yang khas. Pada 10 jam perjalanan pulang pergi, itu berarti mereka terbang dengan kecepatan 260mph yang tidak mungkin," ujar Direktur CASI, Brendan Mulvaney.

Subi Reef merupakan salah satu dari empat pulau buatan terbesar China di Spratly, terletak di bagian setalan Laut China Selatan yang diklaim oleh Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, Taiwan, dan China.

Selain jet temput, citra satelit kemarin, Senin pagi, menunjukkan dua kapal Penjaga Pantai China terletak di sana.

Letak Subi Reef sendiri kurang dari 13 mil laut dari Pulau Thitu, sebuah fitur yang ditempati oleh Filipina baru-baru ini. Namun, fasilitas Thitu masih belum semumpuni Subi, yang memiliki landasan pacu 3.000 meter, susunan radar dan komunikasi, dan tempat berlindung untuk baterai rudal.

China juga dilaporkan sudah mengerahkan dua kapal perang ke Michief Reef yang terletak sekitar 150 mil dari Pulau Palawan, Filipina. Citra satelit menunjukkan sebuah fregat Tipe 054A dan korvet Type 056 beroperasi bersama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) yang berlayar di laguna ekspansif Mischief Reef pada Minggu (2/8).

Mulai pertengahan hingga akhir Agustus, AS akan melakukan latihan militer di dekat Hawaii yang akan dihadiri oleh negara-negara di Indo-Pasifik,  termasuk Vietnam, Australia, Brunei, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Indonesia. (Rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Latihan Militer AS, China Kerahkan Jet Tempur Dan Kapal Perang Ke Kepulauan Spratly"

Posting Komentar