Waketum Demokrat: Pilkada 2020 Pertarungan Pendukung Pancasila 18 Agustus Dan Yang Diperas Ekasila, Rakyat Monitor!


GELORA.CO -Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akhir tahun 2020 nanti diprediksi tak akan jauh-jauh dari pertarungan isu Pancasila yang belakangan memanas di publik.

Belakangan, publik memang kembali dipanaskan dengan perdebatan mengenai Pancasila berdasarkan konsensus 18 Agustus 1945 dan 1 Juni 1945 yang kini ditetapkan pemerintah sebagai hari lahir Pancasila.

Hal itu makin menjadi perbincangan usai adanya usulan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) berujung protes masyarakat hingga menggelar demo di depan Gedung DPR RI baru-baru ini.

Berdasarkan catatan redaksi, rapat pada 22 April menyebutkan PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PAN, dan PPP mendukung RUU HIP untuk dibahas di tahap selanjutnya. Namun belakangan sejumlah parpol ramai-ramai menolak pembahasan RUU tersebut.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny Kabur Harman, isu Pancasila akan membelah kelompok politik dalam Pilkada nanti.

"Saya pikir, pertarungan sengit dalam Pilkada 2020 nanti berlangsung antara kelompok pendukung Pancasila, Dasar Negara, berdasarkan konsensus 18-08-1945 dan barisan pro-Pancasila yang diperas menjadi Ekasila berdasarkan Pidato Soekarno 1 Juni 1945," kata Benny K Harman di akun Twitternya, Minggu (19/7).

Oleh karena itu, anggota Komisi III DPR RI ini meminta agar publik mengawasi arus politik di masa Pilkada yang rencananya akan digelar bulan Desember mendatang.

"Siapa yang menang? Rakyat monitor!" tutupnya. (rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waketum Demokrat: Pilkada 2020 Pertarungan Pendukung Pancasila 18 Agustus Dan Yang Diperas Ekasila, Rakyat Monitor!"

Posting Komentar