Dalam Semalam Dua Instansi Amerika Serikat Di Irak Jadi Target Serangan Roket


GELORA.CO - Dua instansi Amerika Serikat di Baghdad, Irak menjadi target serangan roket  pada Minggu pagi (5/7) waktu setempat. Beruntung serangan itu mampu dicegat oleh sistem pertahanan udara AS.

Menurut keterangan pihak militer Irak, satu roket yang menargetkan Kedubes AS di Zona Hijau mendarat di dekat sebuah rumah, dan melukai seorang anak. Sementara satu roket lain yang berhasil dicegat menargetkan pangkalan koalisi militer AS di Taji, utara Baghdad.

“Pada saat yang sama, pasukan kami mampu menggagalkan serangan lain dan menyita roket dan peluncur Katyusha yang menargetkan pangkalan Taji di utara Baghdad, tempat pasukan koalisi pimpinan AS bermarkas,” kata pihak militer, seperti dikutip dari AFP, Minggu (5/7)

Pasukan elit Irak pada akhir Juni lalu telah menangkap lebih dari selusin pejuang yang didukung Teheran yang diduga merencanakan serangan baru di Zona Hijau Baghdad, rumah bagi AS dan kedutaan besar asing lainnya.

Sejak Oktober, para diplomat dan pasukan AS di seluruh Irak telah menjadi sasaran serangan sekitar tiga lusin rudal.

Washington menyalahkan serangan-serangan itu kepada Kataeb Hizbullah, sebuah faksi yang didukung Teheran dalam jaringan unit-unit bersenjata yang disponsori negara Irak yang dikenal sebagai Hashsha-Shaabi.

Irak telah lama terjebak dalam tarik menarik antara dua sekutu utamanya Iran dan AS, dua musuh bebuyutan yang hubungannya semakin hancur sejak Washington menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Teheran pada 2018.

Irak dengan hati-hati menyeimbangkan hubungannya dengan kedua negara, tetapi tembakan roket yang berulang kali berisiko mengguncang hubungan itu. (Rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dalam Semalam Dua Instansi Amerika Serikat Di Irak Jadi Target Serangan Roket"

Posting Komentar