AS Peringatkan Warganya Di China Untuk Waspada Atas Penangkapan Sewenang-wenang Otoritas Setempat


GELORA.CO -Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan bagi warga negaranya yang berada di China untuk meningkatkan kewaspadaan karena meningkatnya risiko penahanan sewenang-wenang di Negeri Tirai Bambu tersebut.
Melalui peringatan keamanan yang dirilis pada Sabtu (11/7), departemen menyebut, warga AS di China harus lebih berhati-hati terhadap penangkapan sewenang-senang dari pihak berwenang setempat.

"Warga negara AS dapat ditahan tanpa akses ke layanan konsuler atau informasi mengenai dugaan kejahatan mereka," ujar departemen seperti dikutip Reuters.

Departemen menjelaskan, warga AS bisa menghadapi interogasi dan penahanan karena alasan yang terkait dengan keamanan negara.

"Personel keamanan dapat menahan dan/atau mendeportasi warga AS karena mengirim pesan elektronik pribadi yang kritis terhadap pemerintah China," jelas departemen tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam pernyataannya, departemen tidak menjelaskan latar belakang munculnya peringatan tersebut.

Namun peringatan tersebut muncul ketika AS dan China saling memberikan langkah keras satu sama lain.

Baru-baru ini, Washington dan Beijing dilaporkan bertukar larangan visa terhadap pejabat satu sama lain terkait dengan UU keamanan nasional Hong Kong dan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang. (Rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AS Peringatkan Warganya Di China Untuk Waspada Atas Penangkapan Sewenang-wenang Otoritas Setempat"

Posting Komentar