Susul Eropa, Brasil Teken Kontrak 30 Juta Dosis Vaksin Dengan AstraZeneca


GELORA.CO -Brasil sudah mengumumkan kontrak terkait produksi vaksin eksperimental untuk Covid-19 secara lokal dengan raksasa farmasi, AstraZeneca. Kontrak bernilai 127 juta dolar AS bertujuan untuk mengamankan 30 juta dosis vaksin bagi Brasil.
Wakil Menteri Kesehatan Elcio Franco mengatakan, 30 juta dosis vaksin akan diproduksi setengahnya pada Desember dan sisanya pada Januari tahun depan, melansir Reuters.

Ia juga mengungkap, pemerintah Brasil bersedia menanggung risikonya jika vaksin eksperimental tersebut tidak lulus dari semua persyaratan lisensi yang diperlukan.

Nantinya, vaksin  tersebut akan diproduksi oleh Fundação Osvaldo Cruz (Fiocruz), organisasi kesehatan masyarakat terkemuka di Brasil.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca bersama dengan para peneliti Universitas Oxford tersebut memang dianggap sebagai kandidat terdepan untuk mendapatkan lisensi.

Vaksin tersebut telah menjalani uji coba tingkat menengah kepada manusia dalam skala besar.

Selain Brasil, negara-negara Eropa juga sudah meneken kontrak kerja sama dengan AstraZeneca untuk mendapatkan pasokan 400 juta dosis.

Sementara itu, saat ini, Brasil menjadi negara paling terinfeksi di dunia dengan lebih dari 1,2 juta kasus Covid-19 yang sudah dikonfirmasi. Angka kematian di Brasil pun semakin mengkhawatirkan dan sudah mencapai 55.000. (rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Susul Eropa, Brasil Teken Kontrak 30 Juta Dosis Vaksin Dengan AstraZeneca"

Posting Komentar