Pengamat Sebut Putra dan Menantu Jokowi Belum Memiliki Kelayakan Jadi Pemimpin


GELORA.CO - Putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, disebut belum memiliki catatan kelayakan sebagai seorang pemimpin.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, saat menanggapi rencana keduanya yang akan maju di Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Dedi mengungkapkan, kesiapan menjadi pemimpin tidak terlihat dari keduanya. Menurut Dedi, yang justru mengemuka adalah hanya memanfaatkan relasi keluarga dengan Presiden, hal ini mudah dijelaskan dari cara keduanya mencari dukungan partai politik (parpol).

Sementara itu, Dedi menilai, keduanya bukanlah siapa-siapa dalam pengkaderan parpol maupun ketokohan sosiopolitik di Indonesia.

"Dari sisi keterpilihan Gibran lebih berpeluang, tetapi jika soal kelayakan memimpin, keduanya belum memiliki catatan soal itu," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Dedi menjelaskan, dari sisi dukungan psikologis, Gibran Rakabuming Raka lebih berpotensi menang di Pilkada Serentak 2020 nanti. Sebab selain sebagai seorang anak Presiden, juga karena Solo merupakan domisili dari keluarga Presiden.

"Dari sisi dukungan psikologis Gibran lebih potensial, selain anak langsung Presiden, juga karena Solo adalah domisili keluarga Presiden (Jokowi)," ujarnya.

Namun menurut Dedi, jika dilihat dari konsolidasi dukungan yang dimiliki Gibran, PDI Perjuangan Solo hingga saat ini masih belum menunjukkan dukungannya kepada Gibran.

Sementara Bobby Nasution, Dedi mengatakan, hanya mengandalkan identitas sebagai menantu Presiden. "Meskipun tidak menutup kemungkinan ia juga potensial memenangi pertarungan, mengingat loyalis Jokowi cukup kuat di sana," ujarnya.

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka berniat mencalonkan diri menjadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota Solo pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Gibran pun sudah bersilaturahmi dengan sejumlah parpol.

Sedangkan Bobby Nasution, berencana maju menjadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan di Pilkada Serentak 2020 mendatang. Sama seperti Gibran, Bobby pun telah bersilaturahmi dengan sejumlah parpol.[]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengamat Sebut Putra dan Menantu Jokowi Belum Memiliki Kelayakan Jadi Pemimpin"

Posting Komentar