Krisis Covid-19 Jadi Ujian Jokowi, Rizal Ramli: Dia akan Kelihatan Jagoan Hebat atau Kucluk


GELORA.CO - Krisis ekonomi yang timbul sebagai akibat pandemik viris corona baru atau Covid-19 menjadi ujian bagi Presiden Joko Widodo.

Hal itulah yang disampaikan mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuanga, dan Industri, Rizal Ramli dalam sebuah diskusi daring yang dilaksanakan Jumat (5/6).

"Test of leadership is crisis. Ujian paling besar buat pemimpin justru pada waktu krisis. Kalau waktu normal enggak kelihatan," ujar Rizal Ramli.

Rumus yang bersifat universal tersebut sudah barang tentu juga berlaku bagi presiden Jokowi yang kini menjalankan kepemimpinan periode keduanya itu. Menurut Rizal Ramli, krisis ekonomi yang tengah menimpa Indonesia saat ini akan memperlihatkan kualitas kepemimpinan Jokowi.

"Waktu krisis kelihatan kalau memang dia jagoan hebat atau kucluk. Kelihatan semua, dan enggak bisa disembunyikan," ungkapnya.

"Kalau waktu normal kan bisa disembunyikan dengan media, pencitraan, dengan macam-macam, enggak kelihatan kualitas dia. Tapi waktu krisis kelihatan, ini pemimpin hebat, tangguh, ulet, mampu enggak memberikan optimisme dan persatuan," demikian Rizal Ramli. (*)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Krisis Covid-19 Jadi Ujian Jokowi, Rizal Ramli: Dia akan Kelihatan Jagoan Hebat atau Kucluk"

Posting Komentar