Din Syamsuddin: Narasi ‘PKI Tidak Akan Bangkit’ Itu Narasi Pendukung Komunis


GELORA.CO - Tokoh Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin menilai narasi komunis atau PKI tidak bangkit lagi adalah narasi yang dihembus oleh para pendukung komunis atau PKI. Narasi itu sengaja dihembuskan untuk meninabobokkan para tokoh hingga masyarakat agar tidak membahas persoalan PKI.

“Saya tahu terkahir ini banyak narasi, termasuk para cendikiawan, tak terkecuali cendikiawan muslim yang memberikan argumen ‘tidak mungkin komunisme akan bangkit, tidak mungkin PKI akan bangkit. PKI, komunisme sudah mati.’ Argument-argument semacam itu, walaupun saya tahu argumen semaca itu dihembuskan oleh oendukung komunisme dan PKI, itu dalam rangka meninabobokkan kita dan membuat kita lengah,” kata Din dalam diskusi daring ‘Komunisme dan Arogansi Oligarki Dibalik RUU Haluan Ideologi Pancasila’, Sabtu (6/6).

Din menjelaskan, komunisme sebagai isme atau ideologi tidak mudah untuk dibunuh, dia akan terus tumbuh. Ideologi itu akan tumbuh dari generasi ke genarasi. Terlebih lagi jika ideologi itu dalam perjalanan sejarah pernah mengalami antraksi yang fatal.

“Apalagi dalam perjalanan sejarah ideologi tersebut mengalami kefatalan, antraksi yang fatal, terutama ketika mereka memberontak, ketika mereka melakuka kudeta umpanya, dan kemudian terkalahkan, dibasmikan, terberantaskan, maka secara psikologis sangat mungkin pada diri generasi penerus menyimpan dendam dan kemudian melakukan upaya-upaya untuk balas dendam,” ucap Din.

Din lalu mengingatkan agar semua pihak tidak lengah dan harus waspada terhadap setiap ideologi yang bertentangan dengan agama dan bertentangan dengan nilai nilai dasar ke-Indonesia-an yakni Pancasila dan UUD 1945. “Sebuah ideologi akan mudah tersebar jika ada dukungan politik, dukungan negara,” tutur Din. (*)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Din Syamsuddin: Narasi ‘PKI Tidak Akan Bangkit’ Itu Narasi Pendukung Komunis"

Posting Komentar