Berpaling Dari Anwar Ibrahim, Mahathir Mohamad Dukung Shafie Apdal Jadi PM Malaysia


GELORA.CO - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad telah memberikan dukungannya untuk Kepala Menteri Negara Bagian Sabah, Shafie Apdal untuk menjadi PM.
Melalui pernyataan yang dirilis pada Sabtu (27/6), Mahathir mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan suara bulat antara ia dan para sekutunya seperti Partai Amanah, Warisan, dan Partai Aksi Demokratik (DAP) pada Kamis (25/6).

"Saya sepenuhnya mendukung proposal ini. Yang penting adalah kita memiliki pendirian yang kuat agar orang-orang mengetahui posisi kita," ujar Mahathir seperti dikutip Reuters.

Shafie Apdal sendiri dikenal menjadi salah satu tokoh yang ikut menentang pemerintahan PM Najib Razak dan mendukung Mahathir sebagai PM pada 2018.

Pertemuan pada Kamis juga menyepakati usulan putra Mahathir, Mukhriz Mahathir sebagai calon Wakil PM 2.

"Kami setuju Shafie Apdal sbeagai PM. Kami juga setuju mencalonkan Anwar Ibrahim sebagai calon Wakil PM 1 dan Mukhriz sebagai calon Wakil PM 2," lanjut Mahathir.  

Dalam beberapa pekan terakhir, oposisi pemerintah Malaysia, Pakatan Harapan, tengah berselisih mengenai kandidat yang dianggap mampu dan kredibel untuk menggantikan PM Muhyiddin Yassin. Koalisi terbelah untuk Mahathir dan Anwar Ibrahim.

Partai Keadilan Rakyat (PKR) sendiri sudah mengajukan Anwar sebagai kandidat PM. Sementara Amanah dan DAP lebih mendukung Mahathir.

Kisruh politik Malaysia terjadi ketika Mahathir mengundurkan diri dan Muhyiddin diangkat menjadi PM pada Maret dengan menggandeng oposisi pada saat itu.

Pemilihan nasional Malaysia dijadwalkan terjadi pada September 2023. Namun parlemen juga diketahui telah menyetujui mosi tidak percaya yang diajukan Mahathir atas kepemimpinan Muhyiddin. (Rmol)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berpaling Dari Anwar Ibrahim, Mahathir Mohamad Dukung Shafie Apdal Jadi PM Malaysia"

Posting Komentar