20 Tentara India dan 40 Tentara China Tewas di Bentrokan Perbatasan Ladakh?


GELORA.CO -  Bertentangan dengan laporan sebelumnya, setidaknya 20 tentara India dilaporkan tewas dalam bentrokan dengan pasukan Cina yang terjadi di garis kendali aktual ( LAC ) di Lembah Galwan di Ladakh pada Senin malam (15/6). Ini adalah informasi mengejutkan yang mengalir dari sumber-sumber di pemerintah India, sebagaimana dilaporkan oleh beberapa kantor berita. Sumber-sumber itu juga menunjukkan adanya korban besar di pihak China dalam pertempuran sengit antara kedua pihak setelah berminggu-minggu ketegangan di perbatasan.

Laporan yang belum dikonfirmasi mengklaim bahwa China juga menderita setidaknya 40 korban dalam insiden itu, bentrokan berdarah pertama antara kedua negara dalam lebih dari 45 tahun. Kedua negara, yang berperang di perbatasan tahun 1962, terlibat dalam bentrokan serupa di tahun 1975.

Dilaporkan bahwa pada hari Senin malam, bahkan ketika Kolonel Santhosh Babu, komandan resimen itu, terlibat dalam dialog, sebuah pertarungan sengit terjadi antara kedua belah pihak. Ironisnya, insiden itu terjadi selama eskalasi penumpukan pasukan. Laporan yang tidak dapat dikonfirmasi mengklaim bahwa sekelompok besar pasukan Cina menyerang tentara India dengan tongkat, batu dan tongkat yang digulung dengan kawat berduri yang menimbulkan kerusakan parah di pihak India.

Menurut sumber-sumber di pemerintah India, seperti dikutip oleh beberapa kantor berita, tentara India membalas dengan keras yang mengakibatkan banyak korban di pihak Tiongkok. Laporan yang belum dikonfirmasi mengklaim bahwa setidaknya 40 tentara Cina juga bisa terbunuh dalam insiden itu. Namun Angkatan Darat India menjelaskan bahwa tidak ada penembakan yang terjadi sebagai bagian dari bentrokan perbatasan yang buruk.

India mengklaim bahwa bentrokan itu "merupakan hasil dari upaya pihak China untuk secara sepihak mengubah status quo di LAC di Lembah Galwan." Mereka menolak klaim China bahwa tentara India telah menyusup ke wilayah China.

Negara naga telah menunjukkan niat agresif dalam bentuk penumpukan pasukan besar-besaran dan melakukan latihan militer di sepanjang LAC dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan ketika Cina memamerkan kekuatan militernya dipandang sebagai provokasi yang jelas, tentara Cina sering melanggar LAC dan menyusup ke wilayah India di beberapa tempat memicu ketegangan lebih lanjut antara kedua negara.

Cina diyakini menggunakan tindakan perang ini sebagai taktik intimidasi untuk memaksa India melepaskan kegiatan konstruksinya di pihaknya LAC. Faktanya, Cina marah terhadap India karena meletakkan jalan penghubung dekat dengan LAC untuk melawan pembangunan militer tetangga yang luas di sisinya.

https://bit.ly/3hzzQ4b
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Tentara India dan 40 Tentara China Tewas di Bentrokan Perbatasan Ladakh?"

Posting Komentar