Singapura Tunda Pemberangkatan Haji Hingga Tahun Depan


GELORA.CO - Pemerintah Singapura akan menangguhkan pemberangkatan haji 2020 ke tahun berikutnya, 2021. Penangguhan ini berdasarkan fatwa yang dikeluarkan Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) karena melihat pandemik Covid-19 belum berakhir.


Sejak meluasnya  wabah virus corona hingga ke Arab Saudi, MUIS selalu memantau perkembangan kondisi di sana. Maka ketika Arab mengumumkan penangguhan umrah untuk meminimalkan penyebaran virus corona, MUIS pun mulai mengantisipasi dengan memberikan peringatan awal bahwa kemungkinan umrah dan haji akan ditunda.

Pada Maret 2020, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan nasihat untuk lembaga-lembaga haji di seluruh dunia agar menghentikan pemesanan atau pembayaran baru sehubungan dengan rencana penyelenggaraan Haji 2020. Maskapai Arab Saudi, Saudia Airlines juga mengumumkan penangguhan semua penerbangan internasional hingga pemberitahuan selanjutnya.

Namun, sampai hari ini, Kerajaan Arab Saudi belum membuat pengumuman resmi lanjutan tentang status penyelenggaraan haji untuk tahun ini.  Sementara, pada waktu yang sama, MUIS terus berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan Singapura.

“Dan akhirnya memutuskan bahwa, sebagai pemangku kepentingan yang bertanggung jawab, Singapura sebaiknya menunda rencana Haji 2020 untuk semua 900 jamaah kita ke tahun berikutnya (2021),” tulis MUIS.

Komite Fatwa telah bersidang untuk membahas masalah ini dan mendukung keputusan untuk penangguhan haji bagi para jamaah Singapura ke tahun berikutnya dengan pertimbangan kesehatan dan keselamatan mereka.

“Dan oleh karena itu, mereka merekomendasikan agar delegasi Singapura menunda rencana haji untuk menghindari potensi bahaya,” kata MUIS.
MUIS berharap bahwa keputusan awal ini akan membantu meringankan kecemasan para jamaah dan keluarga mereka.” 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Singapura Tunda Pemberangkatan Haji Hingga Tahun Depan"

Posting Komentar