Probiotik Disebut Bisa Cegah Virus Corona Covid-19? Simak Penjelasan Pakar


GELORA.CO - Probiotik Disebut Bisa Cegah Virus Corona Covid-19? Simak Penjelasan Pakar.

Manfaat mengonsumsi probiotik telah banyak terbukti oleh penelitian. Salah satu yang paling terkenal ialah untuk melancarkan penceranaan.

Namun, belakangan sempat beredar kabar yang menyebut bahwa probiotik ampuh untuk mencegah dan juga membantu mengatasi virus corona atau Covid-19 yang kini tengah menginfeksi hampir seluruh masyarakat dunia.

Tapi benarkah bahwa probiotik memiliki manfaat tersebut? Menurut dokter spesialis anak konsultan, Prof. dr. Subijanto Marto Sudarmo, Sp.A(K) anggapan tersebut kurang tepat.

Ilustrasi pencernaan manusia. (Shutterstock)

Ia memaparkan bahwa probiotik memang memiliki kandungan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, dan sekitar 85 persen sistem imun dibentuk di dalam saluran cerna.

"Jadi memang 85 persen itu yang bertanggung jawab meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita," ungkap Subijanto dalam konferensi pers Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Melawan Virus dan Patogen Lain, belum lama ini.

Seperti diketahui dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh diketahui memang lebih memperkecil risiko penularan terhadap virus corona Covid-19. Meski demikian, lanjut Subijanto, hingga kini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk bisa menyebut probiotik bisa mencegah dan  mengatasi virus corona.

"Tapi untuk bisa mencegah Covid-19 dengan probiotik, seperti dikatakan, tidak langsung membunuh. Kita tidak berani mengklaim seperti itu. Kita butuh penelitianyang tujuannya untuk lebih spesifik," kata Subijanto.

Sebagai informasi, selain meningkatkan imunitas tubuh, beberapa cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 dengan menjaga kesehatan, rajin untuk mencuci tangan, dan menghindari kerumunan, serta menggunakan masker saat tengah keluar rumah. [sc]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Probiotik Disebut Bisa Cegah Virus Corona Covid-19? Simak Penjelasan Pakar"

Posting Komentar