Pemerintah Harus Turun Gunung Bantu Perguruan Tinggi Swasta Yang Terdampak Covid-19


GELORA.CO - Ribuan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terancam bubar akibat pandemik virus corona baru (Covid-19). Guna menyelamatkan PTS berskala kecil yang jumlahnya sekitar 4500, Pemerintah pun diminta untuk turun gunung.
Demikian yang yang diungkapkan Sosiolog sekaligus Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar melalui akun Twitter pribadinya.

"Kalau pemerintah memberi stimulus ekonomi kepada swasta, maka sejatinya PTS diberikan hal yang sama demi keadilan. Pendidikan masa depan kita," ungkapnya pada Minggu (3/5).

Musni memaparkan penyebab PTS mengalami dampak Covid-19. Yang pertama menurutnya karena dukungan keuangan PTS hanya diperoleh dari uang kuliah mahasiswa (i).

Selain itu, mahasiswa PTS berskala kecil mayoritas berasal dari kalangan masyarakat menengah ke bawah dimana Kelompok ini terdampak luar biasa akibat Covid-19.

"Pemerintah lebih mengutamakan PTN ketimbang PTS dalam pembiayaan pendidikan. Walaupun menurut undang-undang tidak membedakan PTN dan PTS," jelas Musni.

Atas hal tersebut, Pemerintah pun diharapkan dapat memberi stimulus pendanaan untuk menanggulangi biaya operasional misalnya Rp 2 miliar per PTS.

Pemerintah memberi kouta beasiswa yang cukup besar kepada PTS berskala kecil misalnya 500 orang," pungkasnya.(rmol)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah Harus Turun Gunung Bantu Perguruan Tinggi Swasta Yang Terdampak Covid-19"

Posting Komentar