Hubungi Nepal Dan Iran, Xi Jinping Serukan Perlindungan Multilateralisme Dan Solidaritas



GELORA.CO - Pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh negara di dunia menderita. Hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Presiden China Xi Jinping mengatakan, tantangan wabah ini harus dilawan dengan kerja sama solidaritas internasonal yang lebih tinggi lagi. Ia juga menyerukan untuk melindungi multilateralisme.

Untuk itu, ia telah menghubungi beberapa negara menyampaikan tujuannya.

Xi telah menghubungi Presiden Nepal Bidya Devi Bhandari lewat telepon, pada Senin. Ia menyatakan akan mendukung Nepal dalam memerangi pandemi. Xi menyarankan agar lembaga kesehatan dan medis kedua negara meningkatkan pertukaran dan kerja sama, seperti dikutip dari CGTN, Senin (27/4).

China berkomitmen untuk membangun masa depan bersama bagi umat manusia dan akan secara aktif terlibat dalam kerja sama internasional untuk memerangi virus. Xi menambahkan, bahwa China akan selalu mendukung apa pun upaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk langkah-langkah penanganan pandemik.

Sementara Bhandari mengatakan Nepal menghargai keberhasilan Cina dalam mengendalikan virus corona di dalam negeri, serta upayanya untuk memperkuat kerja sama anti-epidemi internasional.

Pengalaman China akan meningkatkan kepercayaan negara-negara lain dalam mengalahkan virus corona, menurut Bhandari.

Bhandari mengucapkan terima kasih kepada Xi karena menyediakan pasokan medis yang sangat dibutuhkan ke Nepal.

"Persahabatan antara kedua negara akan menjadi lebih kuat, tidak bisa dipecahkan, bukan hanya asa saat pandemi saja," kata Bhandari.

Xi  juga telah menelepon Presiden Iran Hassan Rouhani pada Senin.

Xi mengungkapkan, atas nama rakyat China menyampaikan rasa sedih dan keprihatinannya. Ia berjanji akan membantu apa yang ia bisa.

"Orang-orang China telah memikirkan orang-orang Iran selama masa sulit ini dan telah mengirim beberapa putaran pasokan medis di sana," kata Xi kepada Rouhani.

Xi mengajak kerja sama antar negara yang lebih terkoordinasi di seluruh dunia bersama Iran. Ia juga berjanji untuk memperkuat langkah-langkah pencegahan epidemi kolektif dengan Iran.

Iran telah mencatat total kasus Covid-19 sampai Minggu, (26/4) telah melampaui 90.000 di Iran. Namun, situasi telah mulai terkendali. Angka kematian telah turun signifikan sejak 10 Maret.

Rouhani pun menyatakan penghargaannya atas dukungan China. Ia mengimbau segala bentuk sanksi di masa sulit seperti ini mestinya dihapuskan. Merujuk pada sanksi yang diberikan Amerika Serikat terhadap Iran, yang bahkan hingga kini tidak menunjukkan sedikit pun pelonggaran.  

Rouhani berharap dunia dapat bekerja secara keseluruhan dan melestarikan multilateralisme.[rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungi Nepal Dan Iran, Xi Jinping Serukan Perlindungan Multilateralisme Dan Solidaritas"

Posting Komentar