Menanti Kabar WNI di Italia yang 'Dikunci' Gegara Corona


GELORA.CO - Italia 'dikunci' alias lockdown akibat virus Corona. Pemerintah RI saat ini terus memantau kabar WNI yang menetap di Italia.
Pemerintah Italia memutuskan melakukan lockdown di sejumlah wilayah imbas Corona. Tercatat ada 15 wilayah di Italia yang di-lockdown. Wilayah itu antara lain Lombardia, wilayah Veneto (Provinsi Venezia, Padova, Treviso), wilayah Emillia Romagna (Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini), wilayah Piemonte (Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, Vercelli), dan wilayah Marche (Provinsi Pesaro-Urbino). Wilayah-wilayah itu diisolasi untuk mengendalikan penyebaran virus Corona COVID-19.

Berdasarkan data Kemlu RI, ada 1.239 WNI yang tinggal menetap di wilayah Italia yang di-lockdown. KBRI Roma memastikan, belum ada WNI yang terkena virus Corona.

"Hingga saat ini belum ada WNI yang terinfeksi COVID-19 di wilayah lockdown. Secara umum para WNI tetap tenang dan memutuskan tinggal di rumah sesuai ketentuan otoritas setempat. Suplai bahan pangan sehari-hari masih terjamin," demikian pernyataan KBRI Roma, seperti dikutip situs Kemlu, Senin (9/3/2020).

Sejauh ini, Italia menjadi negara kedua dengan korban meninggal akibat virus Corona terbanyak setelah China daratan. Tercatat, sudah 7.375 orang yang dinyatakan positif virus Corona di wilayah Italia. Jumlah korban meninggal dilaporkan bertambah menjadi 366 orang.

Kementerian Transportasi Italia menyatakan bahwa para turis yang ada di wilayah-wilayah yang diisolasi, termasuk turis asing, dibebaskan untuk pulang ke negara masing-masing. Ditekankan bahwa bandara dan stasiun kereta masih tetap beroperasi seperti biasa.

Sementara itu, Menlu RI Retno Marsudi turut memantau kabar WNI yang berada di Negeri Pizza tersebut. Hingga kini, kabar dari para WNI di Italia masih dinanti.

"Pada saat pemerintah Italia melakukan lockdown kita langsung komunikasi dengan dubes kita di Italia, di Roma. Biasanya pemetaannya berapa update jumlah WNI di Italia, sebarannya di mana," kata Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

"Jadi kita sedang juga memperhatikan nanti dampak terhadap WNI di Italia seperti apa," ujar Retno.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan bahwa ia menambah wilayah merah menyusul wabah virus Corona menghantui seluruh negara.

"Semua zona merah sekarang diperluas ke seluruh wilayah nasional," kata Conte seperti dikutip dari CNN.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menanti Kabar WNI di Italia yang 'Dikunci' Gegara Corona"

Posting Komentar