Kemenkes: Wabah Corona Disampaikan Presiden Jokowi karena Isu Global


GELORA.CO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan pernyataan mengenai wabah virus Corona Covid-19 disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena termasuk isu global. Namun, Kemenkes memastikan pasien yang dinyatakan positif Corona juga sudah diberi tahu mengenai diagnosa penyakit sebelum masuk ruang isolasi.
"Kalau pernyataan wabah iya, memang harus... Sebenarnya pernyataan wabah itu menteri tapi karena kemudian ini yang sifatnya global maka presiden berkenan untuk menyatakan sendiri, menyatakan wabah dengan menyampaikan diagnosa itu beda, sebenarnya kalau dokter yang merawat pun berwenang, kalau diagnosanya," kata Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes yang juga juru bicara pemerintah terkait virus Corona, Achmad Yurianto, saat dihubungi, Rabu (4/3/2020) malam.

Achmad mengatakan pernyataan mengenai wabah memang biasanya disampaikan oleh menteri. Tapi, kata Achmad, Presiden Jokowi berkenan untuk mengumumkannya sendiri ke publik.

"Kalau ada wabah itu menteri, yang harus menyatakan dalam konteks ini karena memang terkait dengan bencana yang sifatnya global, presiden yang menyatakan, sebenarnya menteri harusnya, tapi kalau diagnosa yang merawat pun punya menyampaikan," ujar dia.

Menurut Achmad, wabah virus Corona ini disampaikan Jokowi karena berdampak besar bagi masyarakat. Achmad mengatakan banyak masyarakat yang panik membeli kebutuhan pokok secara berlebihan setelah pengumuman kasus Covid-19 itu.

"Karena ini isunya global dan itu akan berimplikasi terhadap semua aspek kepada ekonomi, kepada sosial, kita kemarin kan lihat bagaimana kepanikan masyarakat yang ada belanja berlebihan, panic buying," tutur dia.(dtk)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemenkes: Wabah Corona Disampaikan Presiden Jokowi karena Isu Global"

Posting Komentar