Ungkapan Cinta Burger King Terhadap Saingannya McDonalds Saat Gerai Cepat Saji Itu Harus Tutup



GELORA.CO - Bersaing bukan berarti musuh atau memusuhi. Justru saling berpacu untuk melangkah lebih maju. Sikap itu yang ditunjukkan oleh Burger King (BK) ketika McDonalds (McD) menutup salah satu gerainya di Tokyo.

BK memasang poster dengan kalimat; "Terima kasih atas 22 tahun yang bahagia. Saingan yang terhormat, dan teman yang mencintai di wilayah Akihabara, kami tampil sebaik mungkin karena Anda dekat." Seperti dikutip dari CNN International, Rabu (5/2).  

Poster itu dipasang sejak Januari, tepatnya sejak gerai McD di kawasan Akibara, Tokyo, ditutup.

Salah satu gerai McDonald's di kawasasn Akihabara, Tokyo, itu  tutup setelah 22 tahun beroperasi. Restoran cepat saji ini memasang poster terima kasih di luar tokonya.
Akihabara adalah distrik perbelanjaan yang ramai. Kawasan ini terkenal di kalangan Traveler berkat aneka toko elektronik dan budaya geek. BK hanya berjarak dua pintu dari gerai McD.

"Tanpa kamu di sini, McDonald's, kami bersedih. Sangat egois bagi kita untuk mengatakan ini, tapi tolong semuanya, pergi ke McDonald's hari ini," lanjut BK dalam posternya.

Banyak orang yang melintas di depan poster yang terpajang di depan gerai itu, ikut bersimpati atas apa yang dilakukan BK kepada saingannya tersebut. Namun, banyak juga yang mengatakan itu adalah bentuk sindiran, BK merasa menang.  

Pengguna Twitter di Jepang dengan cepat menemukan anagram yang tersembunyi di dalam pesan perpisahan yang dipasang BK di luar etalasenya itu. Sebab kalau dibaca secara vertikal, kalimat "watashi tachi no kachi" adalah berarti  "kami menang" dalam Bahasa Jepang.

Kalimat Jepang biasanya dibaca dari atas ke bawah. Tapi, kalimat-kalimat dari BK ini mengikuti susunan Bahasa Inggris, di mana kalimatnya dibaca dari kiri ke kanan. Itu yang diperdebatkan netizen.

"Saya melihat komentar itu dengan berpikir bahwa itu adalah pesan yang mengharukan, tetapi ketika saya membaca kalimat itu secara vertikal, saya merinding," kata akun Twitter BA_RenKun

Karena perdebatan itu, akhirnya BK mengubah pesan tersebut pada Senin lalu. Masih tetap dengan poster seorang karyawan Burger King membungkuk hormat untuk menyampaikan bahwa kedua toko itu adalah teman baik dan saingan. Namun, kali ini dengan kalimat yang lebih manis, "wasurenai yo" atau "Kami tidak akan melupakan Anda."

Perubahan kalimat pada poster itu kembali menuai komentar.
"Ohhh, Burger King di Akihabara mengganti poster mereka," komentar akun Twitter @ ESP_Believe_777.

Burger King Jepang, dalam wawancara dengan stasiun televise setempat, menyatakan rasa terima kasih atas semua perhatian yang diberikan kepada perusahaan mereka dan teman baiknya McDonald's.

BK tidak memperpanjang tanggapan masyarakat terhadap poster di tokonya itu, dan membebaskan netizen berpikir apa pun.[rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ungkapan Cinta Burger King Terhadap Saingannya McDonalds Saat Gerai Cepat Saji Itu Harus Tutup"

Posting Komentar