Pusing Hadapi Wabah Virus Corona, Menteri Kesehatan Thailand Geram Ada 'Farang' Tolak Masker Yang Dibagikannya



GELORA.CO - Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul, sempat murka terhadap turis bule yang keras kepala menolak mengenakan masker pelindung untuk mencegah penularan virus corona. Saking kesalnya ia sempat berkata akan mengusir para turis itu.

Bukan tanpa alasan Anutin merasa kesal. Saat ini wabah virus corona telah membuat cemas. Tercatat sejak 24 Januari 2020 lalu, Thailand mengonfirmasi 25 kasus virus corona di negaranya. Sikap turis itu bukan saja membahayakan dirinya tetapi juga orang lain.

Saat itu, Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul membagikan masker di pintu masuk skytrain Bangkok yang padat. Ia mengeluh karena banyak "farang" – bahasa Thailand untuk sebutan untuk orang bule- yang tidak mengambilnya, bahkan bertindak seolah-olah mereka tidak peduli.

"Orang-orang seperti ini harus kita usir dari Thailand," kata Anutin, mengutip AFP, Jumat (7/2).

Beberapa waktu kemudian, terlihat Anutin menuliskan permintaan maaf di akun media sosialnya terkait ucapannya itu.

Saat ini Thailnd sedang menghadapi kerugian besar akibat penurunan pengunjung dari China, menyusul pelarangan masuknya turis China ke Thailand.

Sementara sektor pariwisata menyumbang 18 persen dari pendapatan nasional Thailand dan China menyumbang seperempat dari total kedatangan wisatawan di sana.
Wakil Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Dr Tanarak Plipat mengatakan, Thailand kini dalam tahap penularan penyakit.

"Negara ini sekarang dalam tahap penularan penyakit. Sebab, mereka tinggal di tempat-tempat yang penuh dengan wisatawan asing," kata Tanaka.

Sejauh ini, delapan pasien telah pulih dan dipulangkan, sementara 17 lainnya tetap dirawat di rumah sakit. Thailand juga telah mengevakuasi 138 dari 144 warganya dari Wuhan pada Selasa (4/2). [rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pusing Hadapi Wabah Virus Corona, Menteri Kesehatan Thailand Geram Ada 'Farang' Tolak Masker Yang Dibagikannya"

Posting Komentar