KBRI Tokyo Pastikan 78 WNI DI Kapal Diamond Princess Adalah Awak Kapal Bukan Penumpang



GELORA.CO - Sebanyak 78 warga negara Indonesia (WNI) berada di dalam kapal Diamond Princess yang tengah dikarantina di Yokohama, Tokyo.

KBRI Tokyo, Jepang, membenarkan adanya 78 WNI di kapal pesiar.

Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Eko Santoso Junor mengatakan 78 WNI tersebut adalah awak kapal bukan penumpang.

“Semua penumpang yang terinfeksi CoronaVirus sudah dipindah ke rumah sakit setempat. Ada ribuan sisanya di atas kapal yang dikarantina untuk memastikan bahwa mereka tidak terjangkit CoronaVirus juga. Termasuk di antaranya ada 78 WNI yang kebetulan adalah awak kapal tersebut,” terang Eko dalam keterangannya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (8/2).

Saat ini kondisi 78 awak kapal tersebut dalam keadaan baik.

 “Aparat setempat menginformasikan, tidak ada WNI dari kapal tersebut yang terjangkit virus. Mereka dikarantina, tidak berarti terjangkit virus. Karantina adalah langkah pemantauan dan pencegahan,” jelas Eko.

Eko menambahkan, tim perlindungan WNI KBRI Tokyo akan langsung bergerak menemui para awak kapal asal Indonesia tersebut setelah masa karantina selesai.

Kapal pesiar Diamond Princess meninggalkan Yokohama pada 20 Januari, tiba di Hong Kong pada 25 Januari melalui Kagoshima, Jepang selatan. Kapal kembali ke Yokohama pada 3 Februari setelah melewati Vietnam, Taiwan, Okinawa dan pelabuhan lainnya.

Total lebih dari 3.700 orang dengan 2.666 penumpang dan 1.045 awak kapal saat ini masih berada di lepas pantai Jepang sejak Senin (3/2) lalu untuk dilakukan proses karantina setidaknya hingga 14 hari.

Kementerian Kesehatan Jepang pada Jumat (7/2) mengonfirmasi sebanyak 61 orang positif mengidap virus corona setelah dilakukan pemeriksaan.[rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KBRI Tokyo Pastikan 78 WNI DI Kapal Diamond Princess Adalah Awak Kapal Bukan Penumpang"

Posting Komentar