Anies Baswedan: Monas Akan Lebih Hijau



GELORA.CO - Sepanjang hari kemarin (Minggu, 19/1) beredar luas di tengah masyarakat sebuah foto yang memperlihatkan silang Monas botak sebagian di sisi selatan, di sektor IRTI yang merupakan singkatan dari Ikatan Restoran dan Taman Indonesia.

Disebutkan, sekitar 190 pohon di bagian itu ditebang.

Tidak sedikit yang mengkritik dan menganggap penebangan pohon-pohon itu selain mengganggu keindahan juga melanggar UU tentang Penataan Ruang dan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang.

Ada juga yang mengaitkan penebangan pohon itu dengan pembangunan fasilitas pendukung Formula E yang akan digelar di Jakarta pada bulan Juni mendatang.

Kepada Kantor Berita Politik RMOL, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa penebangan pohon itu terkait dengan renovasi yang sudah lama direncanakan.

“Tidak ada hubungannya dengan Formula E,” ujar Anies.

Anies memastikan, setelah renovasi, Monas akan tetap hijau, bahkan lebih hijau.

Di sisi selatan yang diributkan itu, katanya, akan dibangun plaza dan air mancur. Pembangunan fasilitas serupa juga dilakukan di ketiga sisi lainnya.

Gubernur Anies Baswedan juga membagikan sebuah dokumen berisi rencana pembangunan renovasi.

Di dalam dokumen setebal 67 halaman itu digambarkan rencana renovasi Monas yang mengusung tiga prinsip, yaitu New Monumentalism, Spirit of Conservation, dan Humble Toward Nature.

Juga disebutkan bahwa pembangunan perpatokan pada sejarah Kawasan Medan Merdeka dan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau dan sarana rekreasi skala nasional.

Silang Monas nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas Plaza Seni dan Budaya, Plaza Nusantara, Promenade, Plaza Median. Penangkaran rusa juga akan dipertahankan dan direvitalisasi.

Selain itu, akan ada area hijau kontemplasi, kanal ampiteater, serta jalur jogging dan sepeda. [rmol]

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anies Baswedan: Monas Akan Lebih Hijau"

Posting Komentar