Profil Sutopo Purwo Nugroho Sang Pejuang Bencana


GELORA.CO - Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari tadi. Sang pejuang bencana itu meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru saat dirawat di rumah sakit di Guangzhou, China. 

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," tulis Direktorat PRB melalui akun Twitter-nya, Minggu (7/7/2019).

Sutopo didiagnosis sekitar awal Desember 2017. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, Sutopo lahir di Boyolali pada 7 Oktober 1969. Putra dari pasangan Suharsono Harsosaputro dan Sri Roosmandari itu mulai bekerja di instansi pemerintah sejak tahun 1994. 

Sutopo mengawali karirnya di Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT) sebagai pegawai di bidang penyemaian awan. Lulusan Universitas Gadjah Mada dan IPB itu kemudian didapuk sebagai Kepala Bidang Teknologi Mitigasi Bencana, Pusat Teknologi Pengelolaan Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Saat bekerja di BPPT, Sutopo kemudian didaulat untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga bekerja penuh untuk lembaga tersebut. Pada tahun 2010, dia dipercaya sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana. Di tahun yang sama pada bulan November, Sutopo kemudian didapuk sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB hingga saat ini.[dtk]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Sutopo Purwo Nugroho Sang Pejuang Bencana"

Posting Komentar