Pantau Jokowi-Maruf, PKB: Pak Amien Boleh Ngawasin, Tapi Jangan Mencela


GELORA.CO - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais memastikan akan mengawasi kinerja pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo dan Maruf Amin di pemerintahan 2019-2024 mendatang.

Sikap Amien ini pun direspon positif oleh parpol koalisi pemerintah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun demikian, Amien yang terkenal selalu kritis terhadap kebijakan pemerintah ini diharapkan tetap santun dalam mengkritik.

"Pak Amien kalau mau mengawasi tentu kami hargai. Karena posisinya Pak Amien tak dalam pemerintahan, boleh ngawasi, tapi jangan menghina-hina, membenci, mencela-cela," kata Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid, Selasa (16/7).

Pemerintah ditegaskan tak antikritik. Publik termasuk tokoh politik bisa leluasa memberikan kritikan terhadap kinerja dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Akan tetapi, kritikan tersebut juga diharapkan bersifat membangun.

Di sisi lain, ia juga melihat ada sisi lain di balik sikap mantan Ketua MPR RI itu yang terkesan melunak. Pada kesempatan sebelumnya, Amien memang meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada Joko Widodo dan Maruf Amin untuk menunjukkan kinerja mereka selama lima tahun ke depan.

Soal hal ini, Jazilul melihat ada kesadaran yang timbul pada sosok aktivis ini terkait dengan terpilihnya Jokowi-Maruf sebagai pemimpin Indonesia lima tahun mendatang.

"Mungkin ada kesadaran kembali dari Pak Amien. Saya yakin demokrasi memperlukan tokoh seperti Pak Amien. Tentu lebih produktif kalau Pak Amien memberikan kritiknya dengan cara yang membangun. Klo kritiknya kasar, kasian Pak Amien sendiri," tandasnya. [rmol]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantau Jokowi-Maruf, PKB: Pak Amien Boleh Ngawasin, Tapi Jangan Mencela"

Posting Komentar