KPAI: Pendidikan Agama Diperlukan, Jangan Dihapus!


GELORA.CO - Penghapusan pelajaran Pendidikan Agama di sekolah dinilai tidak perlu dilakukan karena masih diperlukan dan diberikan kepada siswa di sekolah.

Praktisi Pendidikan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti mengatakan, pelajaran agama di sekolah dinilai sudah tepat dan tidak perlu dihapus.

"Pelajaran agama di sekolah selama ini sudah tepat, termasuk banyaknya jam pelajarannya di kelas. Jadi tidak perlu ada yang diubah dan tidak perlu juga dihapus. Pelajaran agama masih diperlukan untuk diberikan di sekolah," ucap Retno, Minggu (7/7).

Daripada dihapus, kata Retno, lebih baik metode dan materi ditingkatkan. Sepertihalnya penekanan materi kerukunan beragama dan larangan menyebarkan ujaran kebencian. Hal tersebut dinilai lebih efektif untuk menghindari bibit radikalisme.

Penguatan sistem pendidikan agama juga dianggap langkah paling tepat dibaning menghapus pelajaran lantaran Indonesia memiliki beragam kepercayaan.

"Hal ini bisa menjadi materi yang dianggap utama, mengingat negeri kita ini sangat majemuk, keragaman dan perbedaan adalah keniscayaan di Indonesia," katanya.

Sehingga, pelajaran agama sangat dibutuhkan untuk memperkuat nilai kebangsaan serta memperkuat persatuan bangsa.

"Jadi penting pelajaran agama juga memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan memperkokoh persatuan bangsa," pungkasnya. [md]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPAI: Pendidikan Agama Diperlukan, Jangan Dihapus!"

Posting Komentar