Bawaslu Sebut Masih Ada Puluhan WNA di Jogja Diduga Masuk DPT


GELORA.CO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mencatat masih ada puluhan orang diduga Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 17 April ini. Mereka tersebar di 2 wilayah, yakni Kabupaten Sleman dan Gunungkidul.

Komisioner Bidang Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIJ Amir Nashiruddin mengatakan untuk Kabupaten Gunungkidul ada 9 orang. Sementara di Sleman sekitar 32 orang.

"Potensi itu dilihat dari nama dan tempat lahir. Dalam input data DPT, memang tidak ada filter mana WNI atau WNA," katanya, di kantornya Rabu (6/3).

Sedangkan untuk di Kabupaten Bantul dipastikan ada 8 WNA yang masuk dalam DPT. Namun kemungkinan masih bisa berkembang. Sementara untuk di Kota Jogjakarta dan Sleman masing-masing 1 orang WNA yang dipastikan sudah masuk DPT. "Untuk Kabupaten Kulon Progo nihil,” paparnya.

Lanjut Amir, petugas di tingkat kabupaten maupun kota saat ini sedang melakukan penyisiran. Terhadap lebih dari 2,7 juta DPT yang ada di wilayah DIJ. "Akan kami update lagi 3 sampai 4 hari ke depan. Nanti hasilnya akan dipakai untuk memberikan saran dan perbaikan kepada KPU (DIJ)," katanya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M Abdul Karim Mustofa menambahkan, 32 nama potensi WNA yang masuk dalam DPT itu saat ini masih ditindaklanjuti. Hasilnya nanti akan dijadikan bahan pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada 17 Maret mendatang. "Petugas baru turun ke lapangan," ucapnya. [jp]

http://bitly.com/2TsPzcb
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bawaslu Sebut Masih Ada Puluhan WNA di Jogja Diduga Masuk DPT"

Posting Komentar