Kronologi detik-detik gempa tsunami di Donggala dan Palu

Bawah Gambar
-

Kronologi detik-detik gempa tsunami di Donggala dan Palu

Gempa bumi 7,7 skala richter yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, mengakibatkan tsunami dan korban jiwa.

Guncangan pertama terjadi pada Jumat (28/9) pukul 15.00 Wita di Kota Palu dengan magnitudo 5,9 pada skala richter. Sebelumnya, gempa juga mengguncang Palu pada 22 September 2018 dengan magnitudo 5,1 SR.

Getaran yang dirasakan beberapa detik itu berjarak sekitar 8 kilometer barat laut dari Donggala atau 60 kilometer utara Kota Palu dengan kedalaman 10 kilometer.

Tak lama berselang, gempa kembali mengguncang titik yang sama di Donggala dengan magnitudo 5 SR pada pukul 15.28 Wita. Satu jam kemudian, gempa kembali terjadi pada koordinat yang sama dengan magnitudo 5,3 SR.

Menjelang petang, tepatnya pada pukul 18.02 Wita, guncangan gempa besar terjadi di Donggala. Puncak gempa yang memporak-porandakan Donggala mencapai 7,7 SR. Namun, pusat gempa menjauh dengan jarak 27 kilometer timur laut Donggala.

Selang 15 menit kemudian, guncangan gempa kembali terjadi. Sedikit menurun, kekuatan gempa pada pukul 18.14 Wita mencapai 6,1 SR. Lokasinya berada pada 58 Km timur laut Donggala.

Saat bersamaan, gempa bumi juga menggoyang Kota Palu dengan magnitudo 5,9 SR pada pukul 18.25 WIB. Jaraknya hanya 12 Km arah tenggara Palu.

Akan tetapi, Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemudian merevisi magnitudo gempa pada pukul 18.02 Wita dari 7,7 SR menjadi 7,4 SR.

Kecamatan Sirenja di Kabupaten Donggala menjadi wilayah yang paling keras merasakan guncangan lantaran wilayah terdekat dengan pusat gempa.

Hingga pukul 22.26 WIB, gempa masih terus terjadi hingga tujuh kali di Donggala dengan magnitudo antara 5,0-5,9 SR. Kedalaman masih sama 10 Km dari atas permukaan laut, dengan jarak semakin menjauh hingga 60 Km barat laut Donggala.

Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro. Berdasarkan analisis peta, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala IV MMI, Palu III MMI, Poso II MMI.


Anda sedang membaca Kronologi detik-detik gempa tsunami di Donggala dan Palu
Lebih lengkap baca sumber http://bitly.com/2zMpfPt
Silakan Baca Berita Menarik Lainnya di Klik Sini
loading...
Labels:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget