Dinilai Syirik, Sekelompok Orang Bubarkan “Sedekah” Laut di Bantul Jogja, Panitia Menyatakan Tidak Mempermasalahkan Kejadian Itu, Anehnya Petinggi NU Malah Sewot

Bawah Gambar
-

Dinilai Syirik, Sekelompok Orang Bubarkan “Sedekah” Laut di Bantul Jogja, Panitia Menyatakan Tidak Mempermasalahkan Kejadian Itu, Anehnya Petinggi NU Malah Sewot

Ilustrasi sedekah laut/ foto Vania Yoanda

BANTUL (Arrahmah.com) – Acara tradisi sedekah laut yang rutin digelar oleh nelayan Pantai Baru, Bantul tidak jadi dilaksanakan hari ini, Sabtu (13/10/2018), karena ada sekelompok orang yang membubarkan persiapan acara tersebut semalam.

“Tadi malam ada kericuhan, sekitar jam 23.00 malam. Ada (sekitar) 50 orang yang datang, mereka pakai motor, dua mobil dan ada satu mobil ambulans,” kata seorang warga Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Tuwuh (48) saat ditemui wartawan di Pantai Baru, Sabtu (13/10), lansirDetik.com.

Tuwuh yang sempat melihat peristiwa itu kemudian buru-buru pulang ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi karena takut.

Malam tadi warga sedang menyiapkan tradisi sedekah laut yang rencananya digelar hari ini. Acara ini rutin digelar setiap tahun.

“Untuk kirab, labuhan, pangkur dan gambyong dihilangkan, jadi tinggal reog saja rencananya. Sedekah laut itu setiap tahun dan rutin, tapi baru kali ini jadi begini (Tidak berjalan lancar),” tutur Tuwuh.

“Mereka minta dibatalkan karena sedekah laut itu syirik dan musyrik, terus bertentangan dengan agama,” ujar Tuwuh.

Selain itu, lanjut Tuwuh, kelompok itu sempat memasang sebuah spanduk di sekitar lokasi. Spanduk itu bertuliskan ‘Kami menolak semua kesyirikan berbalut budaya, sedekah laut atau selainnya’. Namun spanduk itu telah dicopot oleh polisi.

(ameera/arrahmah.com) Oleh Ameera

***

Sedekah Laut Dibubarkan, Makanannya Dibagi ke Pengunjung Pantai

Bantul – Berbagai makanan dalam jumlah banyak sudah disiapkan untuk tradisi Sedekah Laut, Bantul hari ini. Karena acara tersebut batal karena dibubarkan sekelompok orang, makanan itu kini dibagikan ke pengunjung pantai.

“Daripada mubadzir mending dibagi-bagikan sekarang ke pengunjung dan warga sekitar,” ujar salah seorang warga yang ikut menyiapkan makanan tersebut, Tuwuh (48) kepada wartawan di Pantai Baru, Bantul, Sabtu (13/10/2018).


Anda sedang membaca Dinilai Syirik, Sekelompok Orang Bubarkan “Sedekah” Laut di Bantul Jogja, Panitia Menyatakan Tidak Mempermasalahkan Kejadian Itu, Anehnya Petinggi NU Malah Sewot
Lebih lengkap baca sumber http://bitly.com/2J2seX4
Silakan Baca Berita Menarik Lainnya di Klik Sini
loading...
Labels:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget