Dahnil Anzar Surati Kapolri soal Dugaan Intervensi Muktamar Pemuda Muhammadiyah

Bawah Gambar
-

Dahnil Anzar Surati Kapolri soal Dugaan Intervensi Muktamar Pemuda Muhammadiyah

GELORA.CO –  Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut ada intervensi pihak kepolisian terhadap rencana Muktamar Pemuda Muhammadiyah November mendatang. Dia berencana menyurati Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengadukan dugaannya tersebut.

Dahnil mengaku beberapa kali menerima laporan dari pimpinan cabang di daerah-daerah yang mengaku sempat didatangi aparat. Polisi bahkan berani mengarahkan agar anggota PP Muhammadiyah mau mengangkat pemimpin baru dalam muktamar nanti yang mendukung pasangan calon presiden tertentu.

“Saya beberapa hari ini mendapat laporan pimpinan PP muhamadiyah di beberapa daerah didatangi polisi, pertanyaannya kapan muktamar, siapa yang akan jadi Ketua PP Muhammadiyah. Pertanyaan saya, apa urusan polisi nanya hal itu,” kata Dahnil di Gedung Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (16/10).

“Bahkan polisi berani mendorong, idealnya nanti yang dipilih jadi ketua adalah calon A. Ini yang kemudian disebut sebagai tindakan refresif di zaman Orba,” lanjut Dahnil.

Polisi belum merespons atau mengklarifikasi tudingan Dahnil tersebut.

Dahnil mengatakan PP Muhammadiyah adalah organisasi netral yang tak akan menunjukan pilihan politiknya. Jika pun dia akhirnya bergabung dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu adalah pilihannya sebagai pribadi, bukan sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

“Posisi saya sebagai Koordinator Jubir itu tidak terkait dengan posisi saya sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah. PP Muhammadiyah secara institusional netral. Tidak ada kaitan dengan saya jadi jubir. Saya tidak ingin PP Muhammadiyah dan Muhammadiyah dipolitisasi,” terang Dahnil.

Dahnil mengaku akan segera berkirim surat kepada Kapolri Tito terkait dugaan intervensi bawahannya itu. Dahnil akan bertanya langsung soal kejadian yang dilaporkan oleh beberapa ketua cabang PP Muhamadiyah di daerah.

“Secara institusional akan kirim surat kepada Pak Kapolri apakah betul ada perintah itu. Jangan sampai ada upaya politisasi. Dan juga apakah ada upaya kepolisian dukung salah satu calon di muktamar. Karena ini unik,” katanya.

Muktamar Pemuda Muhammadiyah merupakan kegiatan permusyawaratan tertinggi dalam organisasi Pemuda Muhammadiyah yang digelar empat tahun sekali.

Dalam kegiatan tersebut akan dipilih Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022 yang akan menggantikan posisi Dahnil yang sudah menjabat sejak 2014 lalu. Tahun ini, rencananya Muktamar akan digelar pada 25 hingga 28 November 2018 mendatang. [cnn]


Anda sedang membaca Dahnil Anzar Surati Kapolri soal Dugaan Intervensi Muktamar Pemuda Muhammadiyah
Lebih lengkap baca sumber http://bitly.com/2OqQoR0
Silakan Baca Berita Menarik Lainnya di Klik Sini
loading...
Labels:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget