Alasan Mahfud MD Sebut Cawapres Sandiaga Salahudin Uno adalah Seorang Ulama

Bawah Gambar
-

Alasan Mahfud MD Sebut Cawapres Sandiaga Salahudin Uno adalah Seorang Ulama

GELORA.CO – PROF Mohammad Mahfud MD, Pakar Hukum Tata Negaraa, mengatakan, ulama setidaknya bisa diartikan dalam dua perspektif atau pendekatan.

Perspektif pertama, kata Mahfud MD,  ulama diartikan secara harfiyah yang berarti orang yang mempunyai banyak ilmu.

Perspektif kedua, ujar Mahmud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013, ulama diartikan sebagai ishthilahy yang berarti orang yang banyak ilmu agamanya.

Dalam perspektif pertama, ilmu yang dimaksud itu, kata Mahfud MD, bisa ilmu politik, ilmu hukum, ilmu sosiologi, ilmu agama, dan lain sebagainya.

Dalam perspektif kedua, ilmu agama yang dimaksud terutama adalah terkait dengan fiqh.

Arti ishthilhy itu (Bahasa Arab), kata Mahfud MD, adalah  definisi general atau umum. Bisa juga disebut makna stipulatif kalau menggunakan terma hukum.

Karena itu, jika menggunakan arti harfiyah maka sejumlah ilmuwan dunia seperti Adam Smith, Huntington, dan Karl Marx adalah seorang ulama.

Bahkan, dalam kelompok ini, menuruf Mahfud MD, Sandiaga Salahuddin Uno atau biasa disapa Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden Nomor urut 02, termasuk ulama.

Pendapat Prof Mahfud MD terkait arti ulama itu ia tulis dalam akun twitternya, Sabtu (22/9/2018) sekitar 30 menit yang lalu.

Simak status Mahmud MD berikut ini.

@mohmahfudmd: Dlm arti harfiyah, ulama’ berarti org yg bnyk ilmunya, termasuk ilmu politik, ilmu hukum, sosiologi, agamruta dsb.

Tp dlm arti ishthilahy ulama’ itu artinya org yg bnyk ilmu agamanya, terutama fiqh. Kalau mau pakai arti harfiyah maka Huntington, Adam Smith, Karl Marx, Sndi adl ulama.

Mahfud MD kemudian memberikan penjelasan tambahan terkait arti ulama secara harfiyah,

@mohmahfudmd: Bisa, tp yg dlm arti harfiyyah saja. Spt Pak Prof. Rhenald Kasali itu bisa disebut ulama dlm arti harfiyah.

Arti harfiyah dlm bahasa Arab juga disebut makna lughawy.

Dlm studi2 fikih Islam setiap istilah dibedakan kedalam makna lughawy dan makna ishthilhy, trmasuk istilah ulama’.

Ketika ada salah seorang netizen (warganet) yang bertanya bukankah dalam terminologi Al Quran seorang ulama adalah orang yang takut kepada Allah, kata Mahfud MD ulama tetaplah orang yang berilmu.

Tetapi, kata Mahfud MD, ulama itu orang yang berilmu dan takut kepada Allah. Kalau hanya takut kepada Allah SWT tetapi tidak memiliki ilmu ya tidak disebut sebagai ulama.

@mohmahfudmd Retweeted Farhan • Pa’eng: Farhan keliru. Begini, mnrt Qur’an ulama itu tetaplah orang2 yg berilmu tp yg benar2 ulama’ adl orang2 yg berilmu dan takut kpd Allah.

Orng yg takut kpd Allah kalau tak berilmu ya bukan ulama. Innama yakhsyallaah min ibaadih ulama (itu bunyi ayat Qur’an).

Sandiaga Uno saat ini menjadi Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto yang menjadi Capres pada Pemilihan Umum Presiden 2019 (Pilpres 2019).

Prabowo-Sandiaga Uno diusung oleh empat partai politik, yaitu PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh nomor urut 02 dalam undian yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018) malam.

Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 adalah pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin.

Pasangan Jokowi-Maruf Amin diusung oleh sembilan partai politik.

KH Maruf Amin adalah seorang ulama dan dia adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). [tribun]


Anda sedang membaca Alasan Mahfud MD Sebut Cawapres Sandiaga Salahudin Uno adalah Seorang Ulama
Lebih lengkap baca sumber http://bitly.com/2I75pBb
Silakan Baca Berita Menarik Lainnya di Klik Sini
loading...
Labels:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget